Total Tayangan Halaman

Minggu, 29 November 2015

RPP IPA kelas VII SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SMP N 1 Samarinda
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas/semester            : X/Ganjil
Topik                           : Klasifikasi Makhluk Hidup
Sub Topik                    : Klasifikasi Mikroskopis dan Jamur
Alokasi waktu             : 2 x 40 menit
A.    KOMPTENSI INTI
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPETENSI DASAR DAM INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.

3.3  Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda takhidup sebagai bagian kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati.
3.3.1         Menjelaskan  masing-masing karakteristik dari kingdom protista dan anggota kingdom tersebut
3.3.2        Menjelaskan  karakteristik dari kingdom monera dan anggota kingdom tersebut
4.3  Mengumpulkan data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang ada di lingkungan sekitar.
4.3.1        melakukan pengamatan terhadap Kingdom Protista dan Monera dengan menggunakan mikroskop
4.3.2        menyajikan hasil pengamatan, ,mengklasifikasii, dan mengomunikasikan hasil klasifikasinya.

C.     TUJUAN
3.3.1   Peserta didik mengenal masing-masing karakteristik dari kingdom protista dan 3 anggota kingdom tersebut
3.3.2        Peserta didik mengenal masing-masing karakteristik dari kingdom monera dan 3 anggota kingdom tersebut
4.3.1         Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap Kingdom Protista dan Monera dengan menggunakan mikroskop
4.3.2        menyajikan hasil pengamatan, ,mengklasifikasii, dan mengomunikasikan hasil klasifikasinya.


5            MATERI PEMBELAJARAN
Kelompok Makhluk Hidup yang Berukuran Kecil (Mikroskopis)
Tahukah kamu ada benda hidup yang berukuran sangat kecil? Tempat hidupnya di mana-mana,misalnya di dalam tanah, dalam air, dalam sisa-sisa makhluk hidup, dalam tubuh manusia, bahkan dalam sebutir debu. Pada Gambar 3.6. kamu dapat melihat bakteri Escherichia coli yang dilihat dengan mikroskop elektron (a) dan dengan mikroskop cahaya menggunakan pewarnaan (b).
Gambar. 3.6. Escherichia coli dilihat dengan mikroskop elektron (a) dan Escherichia coli dilihat dengan mikroskop cahaya (b)
Pada pengamatan makhluk hidup yang berukuran kecil, kamu memerlukan alat bantu yang disebut mikroskop. Sebelum memulai kegiatan ini, sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu tentang mikroskop dan bagaimana cara menggunakan mikroskop tersebut. Perhatikan penjelasan di bawah ini!
1.   Bagian-bagian Mikroskop
Pada Gambar 3.7 dan Tabel 3.2 kamu dapat memperlajari mikroskop cahaya beserta bagian-bagian dan fungsinya,kamu juga akan mengenal mikroskop elektron yang biasa digunakan untuk melihat mikrorganisme yang tidak dapat
dilihat oleh mikroskop cahaya.
Protista juga ada yang menyerupai hewan. Kelompok Protista ini disebut protozoa. Kelompok protozoa di antaranya adalah Paramaecium, Entamoeba coli yang terdapat pada usus besar dan dapat mengakibatkan penyakit diare, dan Plasmodium malariae yang terdapat pada sel darah merah dan mengakibatkan
penyakit malaria.
Selain dari kelompok di atas, masih banyak makhluk hidup yang bersifat mikroskopis yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop. Kelompok makhluk hidup tersebut mempunyai ciri-ciri: selnya tidak memiliki membran inti (prokariotik), bersel satu yang mampu untuk berkembang biak dengan membelah diri. Makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri tersebut adalah kelompok Monera. Contoh kelompok Monera ialah bakteri dan alga biru. Bakteri terdapat di lingkungan kita, ada yang bermanfaat bagi kehidupan manusia seperti bakteri Escherichia coli yang berperan membantu memproduksi vitamin K melalui proses pembusukan sisa makan. Ada pula bakteri yang berbahaya bagi kehidupan manusia seperti Mycobacterium tuberculosis yang menyebabkan penyakit TB (tuberculosis paru). Bahkan ada beberapa kelompok mikroskopis yang tidak dapat dilihat hanya dengan mikroskop biasa (mikroskop cahaya)
tetapi harus dengan mikroskop elektron.

6           METODE/PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan Saintifik
2.      Pembelajarn Berbasis Proyek
7            MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN.
1.      Media
a.       Gambar tumbuh tumbuhan
b.      Model atau PPT tentang pengklasifikasian tumbuhan dan hewan menggunakan kunci dikotom
2.      Alat dan Bahan
No
Nama Bahan
1
Gambar gambar protista dan monera
2
Air kolam yang berwarna hijau
3
mikroskop
4
Alat tulis

3.      Sumber belajar
a.       Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Ilmu pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas vii.Jakarta ; Kementrian pendidikan dan kebudayaan.
b.      Kementrian Pendidkan dan Kebudayaan. 2013. Ilmu Penmgetahuan Alam SMP/Mts Kelas VII. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.       Internet
8           LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      PENDAHULUAN (10 MENIT)
a.       Guru memberi salam dan menyapa peserta didik
b.      Peserta didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran
c.       Guru menunjukan gambar amoeba dan alga
d.      Pesreta didik diberikan pertanyaan “apakah kalian pernah menjumpai makhluk hidup seperti gambar ini?”
e.       Guru mengarahkan siswa bahwa makhluk hidup yang ada pada gambar tersebut merupkan makhluk mikroskopik
f.       Guru menyampaikan topic dan  tujuan pembelajatan yang akan di capai dalam pembelajaran.
2.      KEGIATAN INTI (60 MENIT)
Peserta didik membuat kelompok diskusi yang terdiri dari 5 – 8 siswa.
a.    Mengamati
1.)      Peserta didik mengamati bagian bagian mikroskop yang ditunjukan guru
2.)      Peserta didik mengamati cara menggunakan mikroskop yang benar
b.   Menanya
1)      Menanyakan bagaimana cara mengamati protista dengan mikroskop
2)      Diharapkan peserta didik mengajukan pertanyaan pertanyaan mengenai penggunaan mikroskop.
c.    Mengumpulkan informasi
1.)     Peserta didik Mengamati makhluk hidup yang berukuran mikroskopis dengan menggunakan mikroskop
5.      Mengasosiasi
1.)    Peserta didik Menggambar hasil pengamatan pada lembar laporan
2.)    Memberi nama bagian bagain tubuh protista yang tampak
6.      Mengkomunikasikan
1.)    Menyampaikan hasil pengamatan di depan kelas
                          
3.      PENUTUP (10 menit)
a.       Guru memberikan evaluasi berupa soal tentang topic kali ini
b.      Peserta didik dibantu oleh guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini dan melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum dikuasai)
c.       Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain kepada kelompok yang bekerja baik)
d.      Guru menyampaikan informasi materi selanjutnya
9           PENILAIAN
1.      Sikap Spiritual
a.       Teknik penilaian    : Pengamatan
b.      Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.       Rubrik Penilaian
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut




2
Peserta didik Menghormati orang lain menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya




3
Peserta didik Menjalankan ibadah tepat waktu




Jumlah skor

Nilai

Criteria penilaian:       
Skor 4 apabila siswa selalu melakukan perilaku yang diamati
Skor 3 apabila siswa sering melakukan perilaku yang diamati
Skor 2 apabila siswa kadang kadang melakukan perilaku yang diamati
Skor 1 apabila siswa tidak pernah melakukan perilaku yang diamati
PERHITUNGAN SKOR SPIRITUAL
SKOR SISWA= 
           
2.      Sikap Sosial
a.       Teknik penilaian    : Observasi, penilaian diri, dan penilaian teman sejawat
b.      Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
c.       Rubrik penilaian /pedoman penilaian
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan




2
Peserta didik tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)




3
Peserta didik membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya




Jumlah skor

Nilai


1.      BUTIR NILAI : DISIPLIN
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik Datang tepat waktu




2
Peserta didik mematuhi  tata tertib atau aturan bersama/ sekolah




3
Peserta didik sengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai  dengan waktu yang ditentukan




Jumlah skor

Nilai


2.      BUTIR NILAI: BERTANGGUNG JAWAB
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik mengerjakan / Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta




3
Peserta didik Mengembalikan barang yang dipinjam




Jumlah skor

Nilai

3.      BUTIR NILAI : TOLERANSI
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik Dapat menerima kekurangan orang lain




2
Peserta didik Dapat mememaafkan kesalahan orang lain




3
Peserta didik Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan




Jumlah skor

Nilai


4.      BUTIR NILAI : GOTONG ROYONG
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan




2
Peserta didik Aktif dalam kerja kelompok




3
Peserta didik Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama




Jumlah skor

Nilai


5.      BUTIR NILAI : SANTUN DAN SOPAN
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik Menghormati orang yang lebih tua




2
Peserta didik Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur




3
Peserta didik Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat 




4
Peserta didik Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain





Jumlah skor

Nilai


6.      BUTIR NILAI : PERCAYA DIRI
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik tidak mudah putus asa




2
Peserta didik berani presentasi di depan kelas




3
Peserta didik Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan     




Jumlah skor

Nilai

Pedoman penilaian :
Skor 4 apabila siswa selalu melakukan perilaku yang diamati
Skor 3 apabila siswa sering melakukan perilaku yang diamati
Skor 2 apabila siswa kadang kadang melakukan perilaku yang diamati
Skor 1 apabila siswa tidak pernah melakukan perilaku yang diamati
PERHITUNGAN SKOR SPIRITUAL
            SKOR SISWA= 
3.      Pengetahuan
a.       Teknik penilaian          : Tes Tulis
b.      Bentuk Instrumen       : soal
Soal .
1.      Sebutkan persamaan dan perbedaan antara kingdom protista dan monera !
2.      Berikan 3 contoh dari kindom protista dan  2 contoh monera !
Kunci jawaban
No
Kunci jawaban
Kategori soal
1
Protista : selnya memiliki membran inti (eukariotik), bersel tunggal
yang mampu berkembang biak
monera : selnya tidak memiliki
membran inti (prokariotik), bersel satu yang mampu untuk berkembang biak
dengan membelah diri.
pengetahuan
2
Contoh protista : amoeba, alga hijau, dan paramecium
Contoh monera : bakteri dan alga biru
pemahaman

Pedoman penskoran
No soal
Uraian
skor
1.
Þ    Jika lembar jawaban kosong.
Þ    Jika jawaban benar, tetapi kurang lengkap
Þ    Jika jawaban benar dan lengkap
0
25
40
2.
Þ    Jika lembar jawaban kosong.
Þ    Jika menjawab 1 contoh dari kingdom pritista maupun monera
Þ    Jika menjawab 2 contoh dari kingdom pritista maupun monera
Þ    Jika menjawab 3 contoh dari kingdom pritista maupun monera
Þ    Jika menjawab 4 contoh dari kingdom pritista maupun monera
Þ    Jika menjawab 5 contoh dari kingdom pritista maupun monera
Þ    Jika menjawab 3 contoh dari kingdom pritista dan 2 dari kingdom  monera

0

10

20

30

40

45

50

Jumlah
100

SKOR SISWA= 

4.      Keterampilan
a.       Teknik penilaian          : Tes praktik
b.      Bentuk instrument      : lembar observasi
c.       Rubrik Penilaian
No
Butir nilai
indikator
Skor

1
2
3
1
Menyiapkan alat dan bahan
1.              Menyiapkan alat dan bahan dengan lengkap
2.              menyiapkan alat dan bahan tetapi tidak lengkap
3.              tidak menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan



2
Melakukan prosedur kerja pengamatan
1.        melakukan prosedur kerja sesuai prosedur
2.        melakukan prosedur kerja sesuai prosedur, tepai kurang telit
3.        melakukan prosedur kerja tidak sesuai prosedur.



3
Hasil
1.        memperoleh hasil pengamatan yang sesuai dan benar
2.        memperoleh hasil pengamatan yang kurang sesuai
3.        memperoleh hasil pengamatan yang tidak sesuai



            Pedoman peskoran :
Skor 3 jika melakukan indikator ke 1
Skor 2 jika melakukan indikator ke 2
Skor 1 jika melakukan indikator ke 3
PERHITUNGAN SKOR KETERAMPILAN
SKOR SISWA= 

Samarinda, 20 Oktober2014

Mahasiswa


Istiana            
NIM.1105015008
 
Text Box: Guru Mata Pelajaran/pamong


Eny Wahyuningsih, S.Pd, M.Psi
19700201 199403 2 006
                                                                                                                                                                        





Text Box: Kepala Sekolah


Hj. Iswardati Hudzaifah, M.pd
NIP.19660925 199104 2 001

                                                                                         Mengetahui Text Box: Dosen pembimbing 


Drs. Jailani, M.Si		 
NIP. 19621218 198903 1 003


LAMPIRAN 1 (ALAT PENILAIAN KETERAMPILAN)
MENGAMATI TUBUH PROTISTA
Ketua kelompok          :
Anggota                      :


A.           ALAT DAN BAHAN
Alat :
1.      Mikroskop
2.      Kaca preparat
3.      Pipet tetes
Bahan :
1.      Air kolam
2.      Alat tulis
B.            LANGKAH KERJA
1.      Ambil air kolam
2.      Teteskan pada kaca preparat / kaca obyek dan tutuplah denagn gelas penutup
3.      Amati dengan mikroskop mulai perbesaran lemah ke tinggi
4.      Gambar hasil pengamatan dan berilah keterangan setiap bagian tubuh protista ynag tampak
C.            HASIL PENGAMATAN
 




LAMPIRAN 2 (ALAT PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL )
INSTRUMEN PENILAIAN DIRI
ASPEK SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL
NAMA PESERTA DIDIK    :
KELAS/SEMESTER :
HARI/TANGGAL                 :
A.    PETUNJUK PENGISIAN
Berdasarkan perilakumu selama dua minggu terakhir , nilailah sikap dirimu dengan member tanda centang pada kolom skor 4,3,2, dan 1 dengan ketentuan sebagai berikut :
Skor 4 apabila peserta didik selalu melakukan perilaku yang di nyatakan
Skor 3 apabila peserta didik sering melakukan perilaku yang di nyatakan
Skor 2 apabila peserta didik kadang kadangmelakukan perilaku yang di nyatakan
Skor 1 apabila peserta didik jarang melakukan perilaku yang di nyatakan
B.     LEMBAR PENILAIAN DIRI
7.      BUTIR NILAI     : MENGHARGAI PERILAKU BERTAQWA KEPADA TUHAN YME
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik mengerjakan ibadah sesuai dengan ajaran agama yang peserta didik anut




2
Peserta didik mengucapkan salam pada saat awal maupun akhir kegiatan belajar




3
Peserta didik sungguh sungguh mengikuti kegiatan belajar




4
Peserta didik memelihara hubungan baik dengasn sesame makhluk ciptaan Tuhan yang Maha Esa




Jumlah skor

Nilai


8.      BUTIR NILAI : KEJUJURAN
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan




2
Peserta didik tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)




3
Peserta didik membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya




Jumlah skor

Nilai


9.      BUTIR NILAI : DISIPLIN
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik Datang tepat waktu




2
Peserta didik mematuhi  tata tertib atau aturan bersama/ sekolah




3
Peserta didik sengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai  dengan waktu yang ditentukan




Jumlah skor

Nilai


10.  BUTIR NILAI: BERTANGGUNG JAWAB
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik mengerjakan / Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Peserta didik Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




3
Peserta didik Mengembalikan barang yang dipinjam




4
Peserta didik Menepati janji




Jumlah skor

Nilai

11.  BUTIR NILAI : TOLERANSI
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik tidak mengganggu teman yang sedang berpendapat




2
Peserta didik Dapat menerima kekurangan orang lain




3
Peserta didik Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan




Jumlah skor

Nilai


12.  BUTIR NILAI : GOTONG ROYONG
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah




2
Peserta didik Aktif dalam kerja kelompok




3
Peserta didik Tidak mendahulukan kepentingan pribadi





Jumlah skor

Nilai


13.  BUTIR NILAI : SANTUN DAN SOPAN
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik Menghormati orang yang lebih tua




2
Peserta didik Tidak berkata-kata kotor, kasar, dan takabur




3
Peserta didik Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat         




4
Peserta didik Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain





Jumlah skor

Nilai


14.  BUTIR NILAI : PERCAYA DIRI
NO
PERNYATAAN
SKOR
4
3
2
1
1
Peserta didik tidak mudah putus asa




2
Peserta didik berani presentasi di depan kelas




3
Peserta didik Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan




Jumlah skor

Nilai





LAMPIRAN 3 (ALAT PENILAIAN PENGETAHUAN)
Soal
1.      Sebutkan persamaan dan perbedaan antara kingdom protista dan monera !
2.      Berikan 3 contoh dari kindom protista dan  2 contoh monera !







Tidak ada komentar:

Posting Komentar