RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N 1 Samarinda
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/semester : X/Ganjil
Topik : Klasifikasi Makhluk
Hidup
Sub
Topik : Klasifikasi Mikroskopis dan Jamur
Alokasi
waktu : 2 x 40 menit
A. KOMPTENSI
INTI
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B. KOMPETENSI
DASAR DAM INDIKATOR
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
|
|
3.3 Memahami
prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda takhidup sebagai
bagian kerja ilmiah, serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan
benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati.
|
3.3.1
Menjelaskan masing-masing karakteristik dari kingdom
protista dan anggota kingdom tersebut
3.3.2
Menjelaskan karakteristik dari kingdom monera dan
anggota kingdom tersebut
|
4.3 Mengumpulkan
data dan melakukan klasifikasi terhadap benda-benda, tumbuhan, dan hewan yang
ada di lingkungan sekitar.
|
4.3.1
melakukan pengamatan terhadap Kingdom
Protista dan Monera dengan
menggunakan mikroskop
4.3.2
menyajikan hasil pengamatan,
,mengklasifikasii, dan mengomunikasikan hasil klasifikasinya.
|
C. TUJUAN
3.3.1 Peserta
didik mengenal masing-masing karakteristik dari kingdom protista dan 3 anggota
kingdom tersebut
3.3.2
Peserta didik mengenal masing-masing
karakteristik dari kingdom monera dan 3 anggota kingdom tersebut
4.3.1
Peserta didik dapat melakukan pengamatan
terhadap Kingdom Protista dan Monera dengan menggunakan mikroskop
4.3.2
menyajikan hasil pengamatan,
,mengklasifikasii, dan mengomunikasikan hasil klasifikasinya.
5
MATERI PEMBELAJARAN
Kelompok
Makhluk Hidup yang Berukuran Kecil (Mikroskopis)
Tahukah kamu ada benda hidup yang berukuran sangat kecil?
Tempat hidupnya di mana-mana,misalnya di dalam tanah, dalam air, dalam
sisa-sisa makhluk hidup, dalam tubuh manusia, bahkan dalam sebutir debu. Pada
Gambar 3.6. kamu dapat melihat bakteri Escherichia coli yang dilihat
dengan mikroskop elektron (a) dan dengan mikroskop cahaya menggunakan pewarnaan
(b).

Gambar. 3.6. Escherichia coli dilihat
dengan mikroskop elektron (a) dan Escherichia coli dilihat dengan
mikroskop cahaya (b)
Pada pengamatan
makhluk hidup yang berukuran kecil, kamu memerlukan alat bantu yang disebut
mikroskop. Sebelum memulai kegiatan ini, sebaiknya kita mempelajari terlebih
dahulu tentang mikroskop dan bagaimana cara menggunakan mikroskop tersebut.
Perhatikan penjelasan di bawah ini!
1. Bagian-bagian
Mikroskop
Pada
Gambar 3.7 dan Tabel 3.2 kamu dapat memperlajari mikroskop cahaya beserta
bagian-bagian dan fungsinya,kamu juga akan mengenal mikroskop elektron yang
biasa digunakan untuk melihat mikrorganisme yang tidak dapat
dilihat
oleh mikroskop cahaya.





Protista juga ada yang menyerupai hewan.
Kelompok Protista ini disebut protozoa. Kelompok protozoa di antaranya adalah Paramaecium,
Entamoeba coli yang terdapat pada usus besar dan dapat mengakibatkan
penyakit diare, dan Plasmodium malariae yang terdapat pada sel darah
merah dan mengakibatkan
penyakit
malaria.

Selain dari kelompok di atas, masih
banyak makhluk hidup yang bersifat mikroskopis yang hanya dapat dilihat dengan
menggunakan mikroskop. Kelompok makhluk hidup tersebut mempunyai ciri-ciri:
selnya tidak memiliki membran inti (prokariotik), bersel satu yang mampu untuk
berkembang biak dengan membelah diri. Makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri
tersebut adalah kelompok Monera. Contoh kelompok Monera ialah
bakteri dan alga biru. Bakteri terdapat di lingkungan kita, ada yang bermanfaat
bagi kehidupan manusia seperti bakteri Escherichia coli yang berperan
membantu memproduksi vitamin K melalui proses pembusukan sisa makan. Ada pula
bakteri yang berbahaya bagi kehidupan manusia seperti Mycobacterium
tuberculosis yang menyebabkan penyakit TB (tuberculosis paru). Bahkan ada
beberapa kelompok mikroskopis yang tidak dapat dilihat hanya dengan mikroskop
biasa (mikroskop cahaya)
tetapi
harus dengan mikroskop elektron.

6
METODE/PENDEKATAN PEMBELAJARAN
1. Pendekatan
Saintifik
2. Pembelajarn
Berbasis Proyek
7
MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN.
1. Media
a. Gambar
tumbuh tumbuhan
b. Model
atau PPT tentang pengklasifikasian tumbuhan dan hewan menggunakan kunci dikotom
2. Alat
dan Bahan
No
|
Nama
Bahan
|
1
|
Gambar
gambar protista dan monera
|
2
|
Air
kolam yang berwarna hijau
|
3
|
mikroskop
|
4
|
Alat
tulis
|
3. Sumber
belajar
a. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku
Guru Ilmu pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas vii.Jakarta ; Kementrian
pendidikan dan kebudayaan.
b. Kementrian
Pendidkan dan Kebudayaan. 2013. Ilmu
Penmgetahuan Alam SMP/Mts Kelas VII. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan.
c. Internet
8
LANGKAH LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. PENDAHULUAN
(10 MENIT)
a. Guru
memberi salam dan menyapa peserta didik
b. Peserta
didik dan guru berdoa untuk memulai pelajaran
c. Guru
menunjukan gambar amoeba dan alga
d. Pesreta
didik diberikan pertanyaan “apakah kalian pernah menjumpai makhluk hidup
seperti gambar ini?”
e. Guru
mengarahkan siswa bahwa makhluk hidup yang ada pada gambar tersebut merupkan
makhluk mikroskopik
f. Guru
menyampaikan topic dan tujuan
pembelajatan yang akan di capai dalam pembelajaran.
2. KEGIATAN
INTI (60 MENIT)
Peserta didik membuat
kelompok diskusi yang terdiri dari 5 – 8 siswa.
a.
Mengamati
1.) Peserta
didik mengamati bagian bagian mikroskop yang ditunjukan guru
2.) Peserta
didik mengamati cara menggunakan mikroskop yang benar
b.
Menanya
1) Menanyakan
bagaimana cara mengamati protista dengan mikroskop
2) Diharapkan
peserta didik mengajukan pertanyaan pertanyaan mengenai penggunaan mikroskop.
c.
Mengumpulkan informasi
1.) Peserta
didik Mengamati makhluk hidup yang berukuran mikroskopis dengan menggunakan
mikroskop
5. Mengasosiasi
1.) Peserta
didik Menggambar hasil pengamatan pada lembar laporan
2.) Memberi
nama bagian bagain tubuh protista yang tampak
6. Mengkomunikasikan
1.) Menyampaikan
hasil pengamatan di depan kelas
3. PENUTUP
(10 menit)
a. Guru
memberikan evaluasi berupa soal tentang topic kali ini
b. Peserta
didik dibantu oleh guru menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran pada pertemuan
ini dan melakukan refleksi (materi apa yang sudah/belum dikuasai)
c. Guru
memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain kepada
kelompok yang bekerja baik)
d. Guru
menyampaikan informasi materi selanjutnya
9
PENILAIAN
1. Sikap
Spiritual
a. Teknik
penilaian : Pengamatan
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
c. Rubrik
Penilaian
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik Memberi salam pada saat
awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut
|
||||
2
|
Peserta didik Menghormati orang lain
menjalankan ibadah sesuai
dengan agamanya
|
||||
3
|
Peserta didik Menjalankan ibadah tepat
waktu
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
Criteria penilaian:
Skor 4 apabila siswa selalu melakukan
perilaku yang diamati
Skor 3 apabila siswa sering melakukan
perilaku yang diamati
Skor 2 apabila siswa kadang kadang
melakukan perilaku yang diamati
Skor 1 apabila siswa tidak pernah
melakukan perilaku yang diamati
PERHITUNGAN SKOR SPIRITUAL
SKOR SISWA= 
2. Sikap
Sosial
a. Teknik
penilaian : Observasi, penilaian diri,
dan penilaian teman sejawat
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi
c. Rubrik
penilaian /pedoman penilaian
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik tidak menyontek dalam
mengerjakan ujian/ulangan
|
||||
2
|
Peserta didik tidak menjadi plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
|
||||
3
|
Peserta didik membuat laporan berdasarkan data
atau informasi apa adanya
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
1. BUTIR
NILAI : DISIPLIN
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik Datang tepat waktu
|
||||
2
|
Peserta didik mematuhi tata tertib atau
aturan bersama/ sekolah
|
||||
3
|
Peserta didik sengerjakan/mengumpulkan tugas
sesuai dengan waktu yang ditentukan
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
2. BUTIR
NILAI: BERTANGGUNG JAWAB
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik mengerjakan / Melaksanakan tugas individu
dengan baik
|
||||
2
|
Melaksanakan apa yang pernah
dikatakan tanpa disuruh/diminta
|
||||
3
|
Peserta didik Mengembalikan barang yang dipinjam
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
3. BUTIR
NILAI : TOLERANSI
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik Dapat menerima kekurangan orang lain
|
||||
2
|
Peserta didik Dapat mememaafkan kesalahan orang lain
|
||||
3
|
Peserta didik Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun
yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
4. BUTIR
NILAI : GOTONG ROYONG
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Bersedia membantu orang lain
tanpa mengharap imbalan
|
||||
2
|
Peserta didik Aktif dalam kerja kelompok
|
||||
3
|
Peserta didik Mendorong orang lain untuk bekerja sama demi
mencapai tujuan bersama
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
5. BUTIR
NILAI : SANTUN DAN SOPAN
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik Menghormati orang yang lebih tua
|
||||
2
|
|||||
3
|
Peserta didik Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang
tidak tepat
|
||||
4
|
Peserta didik Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan
orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
6. BUTIR
NILAI : PERCAYA DIRI
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik tidak mudah putus asa
|
||||
2
|
Peserta didik berani presentasi di depan kelas
|
||||
3
|
Peserta didik Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab
pertanyaan
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
Pedoman
penilaian :
Skor
4 apabila siswa selalu melakukan perilaku yang diamati
Skor
3 apabila siswa sering melakukan perilaku yang diamati
Skor
2 apabila siswa kadang kadang melakukan perilaku yang diamati
Skor
1 apabila siswa tidak pernah melakukan perilaku yang diamati
PERHITUNGAN
SKOR SPIRITUAL
SKOR SISWA= 
3. Pengetahuan
a. Teknik
penilaian : Tes Tulis
b. Bentuk
Instrumen : soal
Soal .
1. Sebutkan
persamaan dan perbedaan antara kingdom protista dan monera !
2. Berikan
3 contoh dari kindom protista dan 2
contoh monera !
Kunci
jawaban
No
|
Kunci jawaban
|
Kategori soal
|
1
|
Protista
: selnya memiliki membran inti (eukariotik), bersel tunggal
yang mampu berkembang biak
monera
: selnya tidak memiliki
membran
inti (prokariotik), bersel satu yang mampu untuk berkembang biak
dengan membelah diri.
|
pengetahuan
|
2
|
Contoh protista : amoeba, alga hijau,
dan paramecium
Contoh monera : bakteri dan alga biru
|
pemahaman
|
Pedoman
penskoran
No
soal
|
Uraian
|
skor
|
1.
|
Þ Jika
lembar jawaban kosong.
Þ Jika
jawaban benar, tetapi kurang lengkap
Þ Jika
jawaban benar dan lengkap
|
0
25
40
|
2.
|
Þ Jika
lembar jawaban kosong.
Þ Jika
menjawab 1 contoh dari kingdom pritista maupun monera
Þ Jika
menjawab 2 contoh dari kingdom pritista maupun monera
Þ Jika
menjawab 3 contoh dari kingdom pritista maupun monera
Þ Jika
menjawab 4 contoh dari kingdom pritista maupun monera
Þ Jika
menjawab 5 contoh dari kingdom pritista maupun monera
Þ Jika
menjawab 3 contoh dari kingdom pritista dan 2 dari kingdom monera
|
0
10
20
30
40
45
50
|
Jumlah
|
100
|
SKOR
SISWA= 
4. Keterampilan
a. Teknik
penilaian : Tes praktik
b. Bentuk
instrument : lembar observasi
c. Rubrik
Penilaian
No
|
Butir
nilai
|
indikator
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
Menyiapkan
alat dan bahan
|
1.
Menyiapkan alat dan bahan dengan
lengkap
2.
menyiapkan alat dan bahan tetapi
tidak lengkap
3.
tidak menyiapkan alat dan bahan
yang diperlukan
|
|||
2
|
Melakukan
prosedur kerja pengamatan
|
1.
melakukan prosedur kerja sesuai
prosedur
2.
melakukan prosedur kerja sesuai
prosedur, tepai kurang telit
3.
melakukan prosedur kerja tidak
sesuai prosedur.
|
|||
3
|
Hasil
|
1.
memperoleh hasil pengamatan yang
sesuai dan benar
2.
memperoleh hasil pengamatan yang
kurang sesuai
3.
memperoleh hasil pengamatan yang
tidak sesuai
|
|||
Pedoman peskoran :
Skor
3 jika melakukan indikator ke 1
Skor
2 jika melakukan indikator ke 2
Skor
1 jika melakukan indikator ke 3
PERHITUNGAN
SKOR KETERAMPILAN
SKOR
SISWA= 
Samarinda,
20 Oktober2014
|
Mengetahui

LAMPIRAN
1 (ALAT PENILAIAN KETERAMPILAN)
MENGAMATI
TUBUH PROTISTA
Ketua
kelompok :
Anggota :
Anggota :
A.
ALAT DAN BAHAN
Alat :
1. Mikroskop
2. Kaca
preparat
3. Pipet
tetes
Bahan
:
1. Air
kolam
2. Alat
tulis
B.
LANGKAH KERJA
1. Ambil
air kolam
2. Teteskan
pada kaca preparat / kaca obyek dan tutuplah denagn gelas penutup
3. Amati
dengan mikroskop mulai perbesaran lemah ke tinggi
4. Gambar
hasil pengamatan dan berilah keterangan setiap bagian tubuh protista ynag
tampak
C.
HASIL PENGAMATAN
![]() |
LAMPIRAN
2 (ALAT PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL )
INSTRUMEN
PENILAIAN DIRI
ASPEK
SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL
NAMA
PESERTA DIDIK :
KELAS/SEMESTER :
HARI/TANGGAL :
A. PETUNJUK
PENGISIAN
Berdasarkan perilakumu
selama dua minggu terakhir , nilailah sikap dirimu dengan member tanda centang
pada kolom skor 4,3,2, dan 1 dengan ketentuan sebagai berikut :
Skor 4 apabila peserta
didik selalu melakukan perilaku yang di nyatakan
Skor 3 apabila peserta
didik sering melakukan perilaku yang di nyatakan
Skor 2 apabila peserta
didik kadang kadangmelakukan perilaku yang di nyatakan
Skor 1 apabila peserta
didik jarang melakukan perilaku yang di nyatakan
B. LEMBAR
PENILAIAN DIRI
7. BUTIR
NILAI : MENGHARGAI PERILAKU BERTAQWA
KEPADA TUHAN YME
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik mengerjakan ibadah
sesuai dengan ajaran agama yang peserta didik anut
|
||||
2
|
Peserta didik mengucapkan salam pada
saat awal maupun akhir kegiatan belajar
|
||||
3
|
Peserta didik sungguh sungguh
mengikuti kegiatan belajar
|
||||
4
|
Peserta didik memelihara hubungan baik
dengasn sesame makhluk ciptaan Tuhan yang Maha Esa
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
8. BUTIR
NILAI : KEJUJURAN
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik tidak menyontek dalam
mengerjakan ujian/ulangan
|
||||
2
|
Peserta didik tidak menjadi plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
|
||||
3
|
Peserta didik membuat laporan berdasarkan data
atau informasi apa adanya
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
9. BUTIR
NILAI : DISIPLIN
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik Datang tepat waktu
|
||||
2
|
Peserta didik mematuhi tata tertib atau
aturan bersama/ sekolah
|
||||
3
|
Peserta didik sengerjakan/mengumpulkan tugas
sesuai dengan waktu yang ditentukan
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
10. BUTIR
NILAI: BERTANGGUNG JAWAB
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik mengerjakan / Melaksanakan tugas individu
dengan baik
|
||||
2
|
Peserta didik Tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa
bukti yang akurat
|
||||
3
|
Peserta didik Mengembalikan barang yang dipinjam
|
||||
4
|
Peserta didik Menepati janji
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
11. BUTIR
NILAI : TOLERANSI
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik tidak mengganggu teman yang sedang
berpendapat
|
||||
2
|
Peserta didik Dapat menerima kekurangan orang lain
|
||||
3
|
Peserta didik Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun
yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
12. BUTIR
NILAI : GOTONG ROYONG
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan
kelas atau sekolah
|
||||
2
|
Peserta didik Aktif dalam kerja kelompok
|
||||
3
|
Peserta didik Tidak mendahulukan kepentingan pribadi
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
13. BUTIR
NILAI : SANTUN DAN SOPAN
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik Menghormati orang yang lebih tua
|
||||
2
|
|||||
3
|
Peserta didik Tidak menyela pembicaraan pada waktu yang
tidak tepat
|
||||
4
|
Peserta didik Meminta ijin ketika akan memasuki ruangan
orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
14. BUTIR
NILAI : PERCAYA DIRI
NO
|
PERNYATAAN
|
SKOR
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Peserta didik tidak mudah putus asa
|
||||
2
|
Peserta didik berani presentasi di depan kelas
|
||||
3
|
Peserta didik Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab
pertanyaan
|
||||
Jumlah skor
|
|||||
Nilai
|
|||||
LAMPIRAN
3 (ALAT PENILAIAN PENGETAHUAN)
Soal
1. Sebutkan
persamaan dan perbedaan antara kingdom protista dan monera !
2. Berikan
3 contoh dari kindom protista dan 2
contoh monera !

Tidak ada komentar:
Posting Komentar