Total Tayangan Halaman

Senin, 09 Januari 2017

pemetaan SK KD dan INDIKATOR KELAS 5 SD KTSP



PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

SEKOLAH                            : SDIT AL KHAWARIZMI
MATA PELAJARAN          : IPA
KELAS/SEMESTER           : V/I
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.    Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

1.1   Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia


1.1.1.      Menyebutkan organ pernafsan manusia
1.1.2.      Mengurutkan organ pernafasan manusia
1.1.3.      Membuat model organ pernafasan
1.1.4.      Membuat daftar cara menjaga organ pernafasan manusia
1.1.5.      Menybutkan penyakit yang mengganggu organ pernafasan manusia

1.2    Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah

1.2.1        Menentukan organ pernafasan ikan
1.2.2        Menentukan organ pernafasan cacing
1.2.3        Menentukan organ pernafasan burung
1.2.4        Menentukan organ pernafasan serangga
1.3    Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan

1.3.1.       Menyebutkan organ pencernaan manusia
1.3.2.       Mengurutkan organ-organ pencernaan manusia
1.3.3.       Menentukan fungsi organ-organ pencernaan manusia
1.3.4.       Menyebutkan cara menjaga kesehatan pencernaan manusia
1.3.5.       Menyebutkan penyakit yang menggu organ pencernaan manusia
1.3.6.       Membuat daftar makanan bergizi
1.3.7.       Menyebutkan makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein
1.4   Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia


1.4.1        menyebutkan organ-organ  pernafasan manusia
1.4.2        menyebutkan fungsi darah
1.4.3        menyebutkan macam-macam sel darah
1.4.4        menentukan fungsi dan bagian-bagian jantung
1.4.5        membedakan peredaran darah kecil dan peredaran darah besar
1.4.6        membedakan pembuluh darah vena dan pembuluh darah nadi
1.5   Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia
1.5.1        menyebutkan penyakit-penyakit yang mengganggu perdarah darah manusia
1.5.2        menentukan penyebab penyakit-penyakit yang mengganggu perdarah darah manusia
2        Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan


2.1      Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
2.1.1.      Menjelaskan pengertian tumbuhan hijau
2.1.2.      Menjelaskan proses tumbuhan membuat makanan
2.1.3.      Menentukan tempat tumbuhan hijau berfotosintesis
2.1.4.      Menentukan bagian tumbuhan yang digunakan sebagai tempat cadangan makanan hasil fotosintesis
2.1.5.      Menentukan contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar, batang, buah dan biji
2.2 Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.
2.2.1.      Memberikan contoh tumbuhan yang dimanfaatkan hewan dan manusia bagian daun, akar, batang atau buahnya
2.2.2.      Menyebutkan fungsi tumbuhan hijau bagi kelestarian lingkungan
2.2.3.      Menjelaskan akibat dari kelangkaan tumbuhan hijau di lingkungan
3.       Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
3.1.1.      Menyebutkan contoh hewan yang hidup dilingkungan yang kering/gurun dan di lingkungan yang sejuk/bersalju
3.1.2.      Menyebutkan contoh hewan yang menyesuaikan diri untuk mendapatkan makanan, yaitu penyesuaian diri pada paruh, cakar, dan tipe mulutnya
3.1.3.      Menyebutkan contoh hewan yang menyesuaikan diri berdasarkan lingkungannya
3.1.4.      Menyebutkan contoh penyesuaian diri hewan untuk melindungi diri dari musuh

3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup

3.2.1    Menyebutkan contoh tumbuhan yang hidup dilingkungan yang kering/gurun, berair, air asin, dan di lingkungan yang sejuk/bersalju
3.2.2    Menyebutkan contoh tumbuhan yang menyesuaikan diri berdasarkan lingkungannya
3.2.3    Menyebutkan contoh penyesuaian diri tumbuhan untuk melindungi diri dari musuh
4.       Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses


4.1Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas.

4.1.1.      Menyebutkan contoh benda-benda yang terbuat dari bahan kertas, kain dan tali
4.1.2.      Menentukan 3 jenis benda yang sering dimanfaatkan sehari-hari
4.1.3.      Menyebutkan 3 macam tali temalu berdasarkan strukturnya
4.1.4.      Memberikan contoh dari serat, benang, dan tali
4.1.5.      Menyebutkan 2 jenis kain
4.1.6.      Menentukan contoh kain sintetis dan alami
4.1.7.      Menentukan sifat-sifat bahan kertas


4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap

4.2.1.      Menganaisis sifat-sifat suatu benda
4.2.2.      Menyebutkan peristiwa-peristiwa perubahan benda
4.2.3.      Memberikan contoh dari menguap, mengembun, menyublim, menghablur, melebur dan membeku
4.2.4.      Menyebutkan 6 faktor penyebab perubahan benda
4.2.5.      Membedakan  perubahan sifat fisika, kimia dan biologi
4.2.6.      Memberikan contoh perubahan sifat fisika, kimia dan biologi dalam kehidupan sehari-hari

Tanah Grogot, 16 Juni 2016

Mengetahui
Kepala Sekolah,


Suratman, S.Pd.I


Guru Mata Pelajaran,


Istiana, S.Pd



PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

SEKOLAH                            : SDIT AL KHAWARIZMI
MATA PELAJARAN          : IPA
KELAS/SEMESTER           : V/II
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
5.    Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya


5.1   Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)

5.1.1        Menjelaskan pengertian gaya dan gerak
5.1.2        Menyebutkan jenis-jenis gaya
5.1.3        Menyebutkan contoh akibat gaya gravitasi
5.1.4        Menyebutkan contoh benda yang memanfaatkan gaya pegas
5.1.5        Menyebutkan contoh benda yang memanfaatkan gaya gesek
5.1.6        Menyebutkan contoh benda yang memanfaatkan gaya magnet

5.2  Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat

5.2.1        Menjelaskan pengertian pesawat sederhana
5.2.2        Menyebutkan manfaat pesawat sederhana
5.2.3        Menyebutkan jenis-jenis pesawat sederhana
5.2.4        Menjelaskan cara kerja bidang miring
5.2.5        Menjelaskan manfaat penggunaan bidang miring dan contohnya
5.2.6        Menjelaskan car kerja roda berporos
5.2.7        Menyebutkan contoh penggunaan roda berporos
5.2.8        Menjelaskan cara kerja tuas/pengungkit
5.2.9        Menyebutkan macam-macam pengungkit dan contohnya
5.2.10    Menunjukan bagian-bagian titik tumpu, beban dan kuasa pada tuas
5.2.11    Menjelaskan cara kerja katrol
5.2.12    Menentukan perbedaan katrol tetap, katrol ganda dan katrol bebas

6.      Memahami sifat-sifat cahaya dan penerapannya
6.1      Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya

6.1.1    menyebutkan benda-benda yang termasuk sumber cahaya
6.1.2    menyebutlan berkas cahaya
6.1.3    menjelaskan akibat dispersi cahaya
6.1.4    menyebutkan sifat-sifat cahaya
6.1.5    menyebutkan jenis-jenis cermin dan penggunaannya
6.1.6    menyebutkan jenis-jenis lensa dan penggunaannya


6.2      Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya

6.2.1    membuat model periskop
6.2.2    menjelaskan cara kerja periskop
6.2.3    membuat model lensa
6.2.4    menjelaskan cara kerja lensa
7.    Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam


7.1    Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan

7.1.1    menjelaskan proses pembentukan tanah karena pelapukan
7.1.2    menyebutkan 3 jenis pelapukan batuan
7.1.3    menjelaskan pelapukan mekanik, kimiawi dan biologi
7.1.4    menyebutkan lapisan-lapisan penyusun tanah
7.1.5    menggambarkan lapisan-lapisan tanah secara urut

7.2    Mengidentifikasi jenis-jenis tanah

7.2.1    menyebutkan jenis-jenis tanah
7.2.2    menyebutkan ciri-ciri tanah humus, berpasir, liat, vulkanik

7.3    Mendeskripsikan struktur bumi

7.3.1    menyebutkan secara urut lapisan-lapisan bumi
7.3.2    menggambarkan secara urut lapisan-lapisan bumi
7.3.3    menjelaskan bagian-bagian yang termasuk keral bumi
7.4    Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya

7.4.1    menjelaskan pengertian hidrosfer
7.4.2    menjelaskan penegrtian daur air
7.4.3    menggambarkan proses daur air
7.4.4    menjelaskan tahapan daur air
7.4.5    menyebutkan kegiatan manusia yang dapat mengganggu daur air

7.5    Mendeskripsikan perlunya penghematan air

7.5.1    menyebutkan manfaat air bagi manusia, hewan dan tumbuhan
7.5.2    menyebutkan jenis-jenis air
7.5.3    menjelaskan cara-cara penghematan air

7.6    Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan

7.6.1    menyebutkan contoh-contoh peristiwa alam
7.6.2    mengelompokan peristiwa alam yang merugikan (negative)
7.6.3    menentukan penyebab bencana alam
7.6.4    menceritakan contoh peristiwa alam yang pernah terjadi di Indonesia

7.7    Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
7.7.1    menyebutkan contoh kegiatan manusia yang dapat mengubah bentuk permukaan bumi
7.7.2    menyebutkan contoh kegiatan pertanian
7.7.3    menjelaskan pengertian waduk
7.7.4    menjelaskan akibat pembangunan oleh manusia
7.7.5    menjelaskan akibat penebangan lard an industry bagi lingkungan

Tanah Grogot, 02 Januari 2017

Mengetahui
Kepala Sekolah,


Suratman, S.Pd.I






Guru Mata Pelajaran,


Istiana, S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar