PEMETAAN
STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
TAHUN
PEMBELAJARAN 2016/2017
SEKOLAH :
SDIT AL KHAWARIZMI
MATA PELAJARAN :
IPA
KELAS/SEMESTER : V/I
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1.
Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan
|
1.1
Mengidentifikasi fungsi organ
pernapasan manusia
|
1.1.1. Menyebutkan
organ pernafsan manusia
1.1.2. Mengurutkan
organ pernafasan manusia
1.1.3. Membuat
model organ pernafasan
1.1.4. Membuat
daftar cara menjaga organ pernafasan manusia
1.1.5. Menybutkan
penyakit yang mengganggu organ pernafasan manusia
|
1.2
Mengidentifikasi
fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
|
1.2.1
Menentukan organ
pernafasan ikan
1.2.2
Menentukan organ
pernafasan cacing
1.2.3
Menentukan organ
pernafasan burung
1.2.4
Menentukan organ
pernafasan serangga
|
|
1.3
Mengidentifikasi
fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
|
1.3.1. Menyebutkan
organ pencernaan manusia
1.3.2. Mengurutkan
organ-organ pencernaan manusia
1.3.3. Menentukan
fungsi organ-organ pencernaan manusia
1.3.4. Menyebutkan
cara menjaga kesehatan pencernaan manusia
1.3.5. Menyebutkan
penyakit yang menggu organ pencernaan manusia
1.3.6. Membuat
daftar makanan bergizi
1.3.7. Menyebutkan
makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein
|
|
1.4
Mengidentifikasi organ peredaran
darah manusia
|
1.4.1
menyebutkan organ-organ pernafasan manusia
1.4.2
menyebutkan fungsi darah
1.4.3
menyebutkan macam-macam sel darah
1.4.4
menentukan fungsi dan bagian-bagian
jantung
1.4.5
membedakan peredaran darah kecil dan
peredaran darah besar
1.4.6
membedakan pembuluh darah vena dan
pembuluh darah nadi
|
|
1.5
Mengidentifikasi
gangguan pada organ peredaran darah manusia
|
1.5.1
menyebutkan penyakit-penyakit yang
mengganggu perdarah darah manusia
1.5.2
menentukan penyebab penyakit-penyakit
yang mengganggu perdarah darah manusia
|
|
2
Memahami
cara tumbuhan hijau membuat makanan
|
2.1
Mengidentifikasi
cara tumbuhan hijau membuat makanan
|
2.1.1.
Menjelaskan
pengertian tumbuhan hijau
2.1.2.
Menjelaskan
proses tumbuhan membuat makanan
2.1.3.
Menentukan
tempat tumbuhan hijau berfotosintesis
2.1.4.
Menentukan
bagian tumbuhan yang digunakan sebagai tempat cadangan makanan hasil
fotosintesis
2.1.5.
Menentukan
contoh tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya di akar, batang, buah dan
biji
|
2.2 Mendeskripsikan
ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan.
|
2.2.1.
Memberikan contoh tumbuhan yang dimanfaatkan hewan dan
manusia bagian daun, akar, batang atau buahnya
2.2.2.
Menyebutkan
fungsi tumbuhan hijau bagi kelestarian lingkungan
2.2.3.
Menjelaskan
akibat dari kelangkaan tumbuhan hijau di lingkungan
|
|
3.
Mengidentifikasi
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
|
3.1 Mengidentifikasi
penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
|
3.1.1.
Menyebutkan
contoh hewan yang hidup dilingkungan yang kering/gurun dan di lingkungan yang
sejuk/bersalju
3.1.2.
Menyebutkan
contoh hewan yang menyesuaikan diri untuk mendapatkan makanan, yaitu
penyesuaian diri pada paruh, cakar, dan tipe mulutnya
3.1.3.
Menyebutkan
contoh hewan yang menyesuaikan diri berdasarkan lingkungannya
3.1.4.
Menyebutkan
contoh penyesuaian diri hewan untuk melindungi diri dari musuh
|
3.2 Mengidentifikasi
penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan
hidup
|
3.2.1
Menyebutkan
contoh tumbuhan yang hidup dilingkungan yang kering/gurun, berair, air asin,
dan di lingkungan yang sejuk/bersalju
3.2.2 Menyebutkan contoh
tumbuhan yang menyesuaikan diri berdasarkan lingkungannya
3.2.3 Menyebutkan contoh
penyesuaian diri tumbuhan untuk melindungi diri dari musuh
|
|
4.
Memahami
hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda
sebagai hasil suatu proses
|
4.1Mendeskripsikan
hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain,
dan kertas.
|
4.1.1.
Menyebutkan
contoh benda-benda yang terbuat dari bahan kertas, kain dan tali
4.1.2.
Menentukan 3 jenis benda yang sering dimanfaatkan
sehari-hari
4.1.3.
Menyebutkan 3 macam tali temalu berdasarkan strukturnya
4.1.4.
Memberikan contoh dari serat, benang, dan tali
4.1.5.
Menyebutkan 2 jenis kain
4.1.6.
Menentukan contoh kain sintetis dan alami
4.1.7.
Menentukan sifat-sifat bahan kertas
|
|
4.2 Menyimpulkan
hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap
|
4.2.1.
Menganaisis sifat-sifat suatu benda
4.2.2.
Menyebutkan peristiwa-peristiwa perubahan benda
4.2.3.
Memberikan contoh dari menguap, mengembun, menyublim,
menghablur, melebur dan membeku
4.2.4.
Menyebutkan 6 faktor penyebab perubahan benda
4.2.5.
Membedakan perubahan
sifat fisika, kimia dan biologi
4.2.6.
Memberikan contoh perubahan sifat fisika, kimia dan biologi
dalam kehidupan sehari-hari
|
Tanah
Grogot, 16 Juni 2016
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
Suratman,
S.Pd.I
|
|
Guru Mata
Pelajaran,
Istiana,
S.Pd
|
PEMETAAN
STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
TAHUN
PEMBELAJARAN 2016/2017
SEKOLAH :
SDIT AL KHAWARIZMI
MATA PELAJARAN :
IPA
KELAS/SEMESTER : V/II
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
5.
Memahami
hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
|
5.1
Mendeskripsikan
hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi,
gaya gesek, gaya magnet)
|
5.1.1
Menjelaskan
pengertian gaya dan gerak
5.1.2
Menyebutkan
jenis-jenis gaya
5.1.3
Menyebutkan
contoh akibat gaya gravitasi
5.1.4
Menyebutkan
contoh benda yang memanfaatkan gaya pegas
5.1.5
Menyebutkan
contoh benda yang memanfaatkan gaya gesek
5.1.6
Menyebutkan
contoh benda yang memanfaatkan gaya magnet
|
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat
membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
|
5.2.1
Menjelaskan
pengertian pesawat sederhana
5.2.2
Menyebutkan
manfaat pesawat sederhana
5.2.3
Menyebutkan
jenis-jenis pesawat sederhana
5.2.4
Menjelaskan
cara kerja bidang miring
5.2.5
Menjelaskan
manfaat penggunaan bidang miring dan contohnya
5.2.6
Menjelaskan
car kerja roda berporos
5.2.7
Menyebutkan
contoh penggunaan roda berporos
5.2.8
Menjelaskan
cara kerja tuas/pengungkit
5.2.9
Menyebutkan
macam-macam pengungkit dan contohnya
5.2.10 Menunjukan bagian-bagian titik tumpu, beban dan
kuasa pada tuas
5.2.11 Menjelaskan cara kerja katrol
5.2.12 Menentukan perbedaan katrol tetap, katrol ganda dan
katrol bebas
|
|
6. Memahami sifat-sifat cahaya dan penerapannya
|
6.1
Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya
|
6.1.1 menyebutkan benda-benda yang termasuk sumber cahaya
6.1.2 menyebutlan berkas cahaya
6.1.3 menjelaskan akibat dispersi cahaya
6.1.4
menyebutkan sifat-sifat cahaya
6.1.5
menyebutkan jenis-jenis cermin dan penggunaannya
6.1.6
menyebutkan jenis-jenis lensa dan penggunaannya
|
|
6.2
Membuat
suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan
menerapkan sifat-sifat cahaya
|
6.2.1 membuat model periskop
6.2.2
menjelaskan cara kerja periskop
6.2.3
membuat model lensa
6.2.4
menjelaskan cara kerja lensa
|
7.
Memahami
perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya
alam
|
7.1
Mendeskripsikan
proses pembentukan tanah karena pelapukan
|
7.1.1 menjelaskan proses pembentukan tanah karena
pelapukan
7.1.2
menyebutkan 3 jenis pelapukan
batuan
7.1.3
menjelaskan pelapukan mekanik,
kimiawi dan biologi
7.1.4
menyebutkan lapisan-lapisan
penyusun tanah
7.1.5
menggambarkan lapisan-lapisan tanah
secara urut
|
7.2
Mengidentifikasi
jenis-jenis tanah
|
7.2.1
menyebutkan jenis-jenis tanah
7.2.2
menyebutkan ciri-ciri tanah humus,
berpasir, liat, vulkanik
|
|
7.3
Mendeskripsikan
struktur bumi
|
7.3.1 menyebutkan secara urut lapisan-lapisan bumi
7.3.2 menggambarkan secara urut lapisan-lapisan bumi
7.3.3 menjelaskan bagian-bagian yang termasuk keral bumi
|
|
7.4
Mendeskripsikan
proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya
|
7.4.1 menjelaskan pengertian hidrosfer
7.4.2
menjelaskan penegrtian daur air
7.4.3
menggambarkan proses daur air
7.4.4
menjelaskan tahapan daur air
7.4.5
menyebutkan kegiatan manusia yang
dapat mengganggu daur air
|
|
|
7.5
Mendeskripsikan
perlunya penghematan air
|
7.5.1 menyebutkan manfaat air bagi manusia, hewan dan
tumbuhan
7.5.2
menyebutkan jenis-jenis air
7.5.3
menjelaskan cara-cara penghematan
air
|
|
7.6
Mengidentifikasi
peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan
lingkungan
|
7.6.1 menyebutkan contoh-contoh peristiwa alam
7.6.2
mengelompokan peristiwa alam yang
merugikan (negative)
7.6.3
menentukan penyebab bencana alam
7.6.4
menceritakan contoh peristiwa alam
yang pernah terjadi di Indonesia
|
|
7.7
Mengidentifikasi
beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian,
perkotaan, dsb)
|
7.7.1 menyebutkan contoh kegiatan manusia yang dapat
mengubah bentuk permukaan bumi
7.7.2
menyebutkan contoh kegiatan
pertanian
7.7.3
menjelaskan pengertian waduk
7.7.4
menjelaskan akibat pembangunan oleh
manusia
7.7.5
menjelaskan akibat penebangan lard
an industry bagi lingkungan
|
Tanah
Grogot, 02 Januari
2017
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
Suratman,
S.Pd.I
|
|
Guru Mata
Pelajaran,
Istiana,
S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar