Total Tayangan Halaman

Jumat, 03 April 2015

KESEHATAN RAMBUT, TELINGA, HIDUNG, MATA, MULUT,GIGI,KULIT DAN KUKU.

KESEHATAN RAMBUT, TELINGA, HIDUNG, MATA, MULUT,GIGI,KULIT DAN KUKU.
A.    RAMBUT
a.       Rambut sehat
Ciri-ciri dan tanda rambut yang sehat:
1.      Kulit kepala sehat.
Rambut yang sehat tentu berawal dari kulit kepala yang sehat. Selain bersih dari debu dan kotoran lain. Selain itu juga setiap porinya mengandung tiga batang rambut.
Tekstur lembut. Menurut Mayo Clinic, ciri lain dari rambut yang sehat adalah dapat bergerak dengan mudah karena teksturnya lembut. Pewarna rambut dengan bahan kimia, perawatan rambut, dan penataan rambut sehari-hari akan mengelupaskan tepi kutikula dari batang rambut.
2.      Berkilau.
Kilau rambut disebabkan karena lapisan terluar dari batang rambut memantulkan cahaya. Kerusakan pada kutikula rambut menyebabkan rambut mengembang dan menghalangi kilau tersebut. Sisa-sisa produk perawatan rambut di kulit kepala dan rambut juga menghalangi kilaunya. Karena itu, bilas rambut dengan cermat seusai keramas.
3.      Kerontokan ringan.
Normalnya, orang akan kehilangan 50-100 helai rambut dalam sehari, demikian menurut American Academy of Dermatology. Kerontokan ringan ini tidak akan terlihat karena rata-rata orang memiliki sekitar 100.000 helai rambut. Bila kerontokan yang terjadi lebih dari 100 helai dalam sehari, kemungkinan penyebabnya adalah stres atau faktor-faktor lain.
4.      Elastis.
Bukan hanya kulit yang elastis, tetapi juga rambut. Artinya, rambut tidak mudah patah hanya karena tertarik atau terkena sisir. Rambut yang rapuh tentu tidak elastis lagi. Menurut Hair Health Spotlight di Men’s Magazine, hal ini disebabkan antara lain oleh pola makan yang buruk, kekurangan vitamin seperti zat besi, biotin, dan protein.
5.      Tidak kusut ketika basah.
Rambut yang sangat kering, dengan kutikula yang rusak, akan sulit disisir meskipun dalam keadaan basah. Hal ini disebabkan tepi kutikula mengelupas dari batang rambut dan menyebabkan gesekan, demikian disampaikan American Chemical Society. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kondisioner, yang dirancang untuk melapisi batang rambut dan melembutkan kutikula, sehingga rambut jadi mudah disisir.
6.      Bereaksi terhadap kelembaban.
Kandungan air dalam udara membuat rambut yang cenderung lurus akan “jatuh”. Sedangkan rambut yang tidak sehat akan mengembang ketika terpapar kelembaban udara. Rambut menjadi lebih keriting, kasar dan kusam.
http://caramanfaat.com/wp-content/uploads/2012/11/Cara-Melebatkan-Rambut.jpg
b.      Jenis Kerusakan rambut
Jenis jenis kerusakan rambut di antanya :
1.      Piedra
Piedra berarti batu, Rambut berbintil-bintil hitam atau coklat, bintil-bintil ini tidak sama besarnya, kerusakan  rambut ini banyak ditemukan pada orang-orang yang gemar berenang.
2.      Mutiara (trichorrhexis nodosa)
Pada batang rambut terdapat benda kecil, bulat, abu-abu keputihan, dan patah pada tempat dimana benda ini melekat.
3.      Monilethrix
Di beberapa bagian pada helai rambut terdapat gelembung-gelembung mudah patah.
4.      Pili Anulati
Pada helai rambut terdapat cincin yang tidak mengandung pigmen.
5.      Pili Torti
Rambut terpilin-pilin, seperti untir.
6.      Fragilitas
Rambut rapuh, getas, mudah patah.
7.      Alopecia
Alopecia sebenarnya kelainan kulit disebabkan rambut rontok berlebihan hingga botak. Kerontokan rambut ini karena akar lemah.
8.      Rambut kering
Rambut tidak mengkilat, kusam dan warnanya jadi lebih muda, mudah patah.
9.      Rambut porous
Rambut susah ditata, karena imbrikasi rambut yang terbuka, hingga untuk pengritingan yang sedikit lama obatnya, akan menjadi krus (brintik)
c.       penyebab kerusakan rambut.
Penyebab Rambut Rusak, Selain faktor metabolisme, stres, dan hormonal, ada beberapa faktor eksternal yang membuat perlindungan alami kulit kepala terganggu. Berikut adalah penyebab awal mula yang menyebabkan rambut rusak.
1.      “Bleaching”
Bleaching merupakan bagian dari proses pewarnaan rambut. Ini karena rambut orang Asia yang berwarna hitam tidak dapat langsung diubah warnanya sehingga warna rambut alami kita harus dihilangkan dulu agar menjadi lebih terang.
Proses bleaching beresiko tinggi merusak rambut. “Saat bleaching, kutikula rambut akan dimasukkan bahan-bahan kimia sehingga pigmen alami rambut hilang,” kata Paradi Mirmirani, dermatologis dari The Permanente Medical Group, California, AS. Padahal, kutikula adalah pelindung rambut. Akibatnya, kutikula terbuka sehingga rambut lebih rentan rusak.
2.      Pengeritingan
Bahan kimia yang digunakan dalam proses pengeritingan tentu saja akan merusak rambut karena hilangnya protein amino dalam rambut. Seperti saat rambut di-bleaching, proses pengeritingan juga akan membuat kekuatan alami rambut terkikis. Selain itu rambut pun terlihat kusam dan kering.
3.      “Highlight” dan pewarnaan
Pewarnaan dan highlight rambut memang tidak menimbulkan efek kerusakan seperti saat rambut di-bleaching. Namun, bukan berarti pewarnaan rambut tidak merusak rambut. Proses ini juga membuat struktur alami rambut berubah, selain itu bila Anda tak melakukan perawatan rambut pascapewarnaan, rambut juga lebih kering dan patah-patah.
4.      “Blowdry” dan catok
Uap panas yang dihasilkan oleh dua alat tersebut akan menyebabkan hidrogen yang merekatkan rambut rusak sehingga rambut menjadi kering dan rapuh. Bila Anda termasuk pengguna setia hair dryer dan catok rambut, gunakan kondisioner dan produk perawatan rambut lainnya untuk melindungi rambut.
5.      Menguncir rambut
Untuk menghindari kerusakan, jangan terlalu sering menguncir rambut, apalagi mengikatnya terlalu kencang. Selain itu, hindari menguncir rambut saat rambut dalam kondisi basah atau lembab agar terhindar dari kondisi rambut patah.
6.      Menyisir
Sadarkah Anda bahwa kegiatan sederhana seperti menyisir rambut ternyata bisa merusak rambut? Hal ini terjadi bila Anda terlalu sering menyisir rambut. “Rambut yang sering disisir akan menyebabkan pergesekan rambut yang berlebihan sehingga rambut mudah patah,” kata Mirmirani. Namun, jarang menyisir rambut juga tak disarankan karena rambut jadi mudah kusut. Jadi, secukupnya saja.
7.      Terlalu sering keramas
Tujuan kita mencuci rambut adalah membersihkan kulit kepala dari minyak. Namun, bila dilakukan terlalu sering, pelembab alami rambut akan terkikis. Padahal, pelembab rambut itu dibutuhkan kulit kepala agar rambut selalu sehat. Keramas setiap hari dianjurkan bila kulit kepala Anda cenderung berminyak. Namun, bila rambut mulai terlihat kusam, itu artinya Anda perlu menjadwal ulang waktu keramas Anda.
d.      Cara Mengatasi Kerusakan Rambut
Gunakan shampo yang diperuntukan untuk rambut normal atau berminyak agar minyak pada kepala dapat dikurangi. Saat keramas, jangan menggosok kulit kepala terlalu keras karena dapat menyebabkan produksi minyak meningkat. Lalu sesuaikan model rambut, misalnya dengan mengeriting rambut agar terlihat lebih bervolume. Tetapi jangan lupa melakukan perawatan setelah dikeriting.
Agar rambut tidak kering dan bercabang, gunakan pelembab setelah keramas atau sebelum menggunakan hair dryer dan curling iron. Jangan biarkan rambut terjemur sinar matahari secara berlebihan. Gunting bagian bawah rambut yang bercabang atau melakukan triming secara teratur.
Tingkatkan konsumsi kacang tanah, almond, polong-polongan, gandum, telur, susu, keju, atau daging merah. Coba gunakan sisir kayu atau yang lembut dan hindari untuk menyisir rambut telalu keras. Bila sering menggunakan hair dryer, perhatikan teknik penggunaannya agar tidak merusak rambut.
Rambut kusut memang tidak enak dilihat. Agar mudah diatur dan tidak kusut, dapat menggunakan sisir bergigi jarang pada saat menyisir dan lakukan secara perlahan. Berikan pelembab pada rambut agar rambut terasa licin dan tidak kusut. gunakan kondisioner setelah keramas.. menyemir rambut .menggunakan perawatan dan pengobatan tertentu.
Memberi nutrisi yang baik kepada tubuh dan rambut Anda serta memperbaiki sirkulasi darah ke kulit kepala sangat penting. Namun yang terpenting adalah menjaga rambut tetap bersih dan rapi.
B.     TELINGA
Telinga tidak hanya menyediakan kemampuan untuk mendengar, tetapi membantu keseimbangan tubuh ketika bergerak. penyakit pada telinga akan memberi kita kesulitan dalam pendengaran, memberi rasa sakit bersama dengan rasa pusing yang memicu sakit kepala. Telinga memiliki banyak bagian berbeda termasuk Canal Telinga, Telinga Tengah dan Telinga Dalam, dimana syaraf mengirimkan sinyal suara dan perasaan yang berkaitan dengan keseimbangan ke otak. Semua bagian telinga berisiko pada trauma dan infeksi yang bisa menimbulkan kerusakan kecil atau besar pada telinga.
http://artikelkesehatanwanita.com/wp-content/uploads/2012/09/Macam-macam-Penyakit-Telinga-220x220.jpg
A.    Macam-macamPenyakitTelinga
Penyakit telinga dibagi ke dalam tiga kelompok. Penyakit telinga bagian luar, penyakit telinga tengah, dan gangguan pendengaran pada usia tua. Umumnya, macam-macam penyakit telinga dapat mengakibatkan ketulian dan gangguan keseimbangan. Inilah beberapa penyakit telinga yang paling sering di temui di masyarakat.
1.      Othematoma
Salah satu dari macam-macam penyakit telinga yang satu ini disebut juga penyakit telinga bunga kol. Ini adalah sebuah kelainan genetis pada telinga seseorang. Ketika terdapat gangguan di tulang rawan telinga didampingi dengan munculnya pendarahan internal dan berlebihannya pertumbuhan jaringan telinga.
1.      Penyumbatan
Ini sebenarnya bukan penyakit, tetapi gejala yang diakibatkanya sangat mengganggu yaitu sulit mendengar dan hilang keseimbangan. Produksi kotoran telinga yang berlebihan bisa menyumbat salah satu atau kedua saluran telinga Membersihkan telinga adalah cara mudah menghindari penyakit ini.
Namun jika kotoran telinga sudah telanjur menumpuk, berkonsultasilah ke dokter. Dokter akan memberikan obat tetes dan menggunakan cara yang tepat untuk membuang kotoran telinga Anda.
Dalam kasus ini tidak disarankan untuk memaksakan diri membersihkan telinga dengan kasar, termasuk mencolok-colok lubang telinga terlalu dalam. Kulit lubang telinga yang tipis akan lecet jika terus menerus dikorek. Akibatnya telinga akan barnanah, nanah tersebut bercampur dengan kotoran telinga dan berbau tak sedap.
2.      Perikondritis
Ini adalah salah satu dari macam-macam penyakit telinga bagian luar. Perikondritis merupakan istilah untuk tulang rawan telinga luar yang terinfeksi. Infeksi ini umumnya terjadi akibat luka cedera, gigitan serangga, dan bisul daun telinga yang dipecahkan dengan sengaja
Pada perikondritis telinga pasien akan mengeluarkan nanah. Hanya saja kali ini sumber nanah bisa terlihat jelas, yakni di bagian tulang rawan telinga luar. Bercampurnya nanah dan bakteri adalah masalah utama dalam penyakit ini.
Penyakit yang sifatnya merusak dan menahun ini hanya menunjukkan gejala-gejala ringan. Oleh karena itu biasanya si penderita tidak menyadari bahwa dirinya mengidap perikondritis dan membiarkannya begitu saja. Padahal sebaiknya penderita berkonsultasi dengan dokter sejak nanah mulai keluar.
3.      Tinnitius
Tinnitus adalah penyakit telinga ringan yang cukup mengganggu penderitanya. Gejala tinnitus berupa bunyi berdengung, berdesir, dan sebagainya. Biasanya penyakit ini akan menghilang begitu saja tanpa disadari oleh penderitanya. Akan tetapi tinnitus yang tidak diobati akan memicu tumor telinga, tetapi hal ini sangat jarang terjadi.
4.      Perforated gendang telinga          
Hal ini terjadi ketika ada lubang di gendang telinga pecah .Biasanya, gendang telinga berlubang dikaitkan dengan penurunan pendengaran, tetapi juga dapat menyebabkan keluarnya cairan dari telinga dan nyeri keseluruhan. Ada kalanya gendang telinga akan sembuh dengan sendirinya. Namun, ada kasus di mana operasi mungkin diperlukan.
Ketika air terperangkap di dalam saluran telinga, hal itu bisa terinfeks0 akibat bakteri.Karena lingkungan liang telinga biasanya lembab dan hangat, bakteri dapat terus berkembangbiak, yang menyebabkan infeksi dan iritasi pada saluran telinga. Jika ada air atau bakteri masuk kedalam rongga telinga tengah melalui lubang itu, komplikasi serius dapat terjadi.
5.      Autoimun penyakit telinga bagian dalam atau Aied
Ini kondisi peradangan yang cukup langka. Hal ini terjadi ketika antibody keliru menyerang sel-sel sehat dari telinga bagian dalam.Wanita lebih mungkin untuk mendapatkan penyakit autoimun telinga bagian dalam dibandingkan laki-laki, yang mungkin berhubungan dengan hormon. Kondisi ini umumnya disertai dengan gangguan autoimun lainnya.
Pengobatan untuk penyakit autoimun telingabagiandalam :
a.       Alat bantu dengar mungkin bermanfaat bagi beberapa pasien, di mana gangguan pendengaran tidak parah.
b.      Steroid obat, yang digunakan untuk mengobati penyaki tautoimun lainnya. Inikadang-kadang bekerja, dan kadang-kadang tidak.
c.       Obat imun osupresif digunakan untuk mengobati radang dan system kekebalan tubuh.
d.      Pengobatan Plasmapheresis juga mungkin dianjurkan dalam beberapa kasus.Ini terdiri dari penyaringan darah, menghilangkan antibodi, antigen dan mediator kekebalan lainnya dari darah.
e.       Anti TNF (tumor necrosis factor) obat Enbrel, yang diberikan oleh suntikan, dapat terbukti berhasil dalam mengobati Aied.
f.       Implan koklea mungkin disarankan jika semua pengobatan lain gagal.
6.      Penyakit Meniere
Penyakit tinnitus dan Ménière berkaitan erat.Untuk menghindarinya saat anda berada pada lingkungan yang bising atau bekerja dilingkungan yang bising lebih baik memakai pelindung telinga.
Berikut adalah gejala utama yang dialami oleh penderita Penyakit Ménière
a.       Kepenuhan dalam pendengaran dimana hal ini dapat digambarkan ketika anda naik pesawat dimana anda merasa telinga serasa penuh ketika ascending atau descending. Ini adalah perasaan tekanan di telinga Anda
b.      Vertigo juga bisa di sebabkan oleh Penyakit Ménière . Dimana Penderita bisa mengalami serangan vertigo ekstrimrotasi atau pusing yang berlangsung hingga 24 jam atau lebih. Serangannya tidak terduga benar-benar dapat melumpuhkan seseorang sehingga merasa seperti berputar putar terus menerus sehingga kehilangan keseimbangan.
c.       Migrain:
Orang dengan penyakit  Ménière sering mengalami sakit kepala migraine juga.
7.      Swimmer’s Ear
Penyakit ini adalah infeksi pada Canal Telinga, tabung yang menghubungkan Telinga Dalam dengan Pinna, bagian luar telinga yang berada di damping kepala. Infeksi bakteri pada Canal Telinga biasanya membuktikan bahwa itulah penyebab penyakit Swimmer’s Ear. Meskipun berenang tidak menyebabkan infeksi namun air yang masuk dalam telinga bisa membuat Canal Telinga berisiko pada infeksi.
8.      Herpes Zoster Otitis
Penyakit ini disebabkan oleh Virus Vericella-Zoster, yang terbukti menjadi penyebab cacar air, juga menyebabkan penyakit telinga. Penyakit ini terjadi ketika Infeksi Viral menyebar ke syaraf wajah dan telinga bagian dalam. Gejalanya adalah rasa sakit di telinga, kemerahan di daerah telinga dan
wajah bahkan terkadang mengalami mati rasa di bagian wajah.
Orang yang terinfeksi mungkin akan mendengar suara yang abnormal atau mengalami kesulitan Pendengaran, Vertigo dan Sakit Kepala. Itulah macam-macam Penyakit Telinga yang umum dialami oleh orang.
b.      Penyebab Penyakit Telinga
Pembersihan dengan alat apapun akan menimbulkan rangsangan kuat pada kulit liang telinga karena terdapat saraf-saraf yang peka di dalamnya. Rangsangan tersebut justru akan mendorong kelenjar serumen berproduksi lebih banyak dan ini justru akan mengakibatkan gangguan bagi telinga.
Saat membersihkan liang telinga, tidak jarang kotoran berupa minyak yang telah bercampur dengan debu yang 'ditangkapnya' justru akan terdorong masuk ke bagian yang lebih dalam di sekitar gendang telinga. Dengan frekuensi yang berulang, kotoran itu kemudian terkumpul dan membatu. Namun, dalam kondisi tertentu, justru dapat menutup dan menghalangi gendang telinga untuk menangkap getaran suara dari luar.
Telinga pun terasa gatal dan tanpa disadari, kita akan mengorek-ngorek telinga. Pada beberapa kasus, cara itu malah bisa melukai gendang telinga dan menimbulkan infeksi sampai bernanah atau congek yang dikenal dengan istilah medis otitis media. Selanjutnya, bila telinga tersumbat sebelah, bisa mengakibatkan pusing, kepala serasa berputar, dan vertigo.
Penyebab sakit telinga lainnya adalah berupa infeksi yang disebabkan jamur atau bakteri (bakteri Pneumococcus haemophilus). Perlu diperhatikan bila terdapat tanda-tanda seperti telinga agak berwarna kemerahan dan terjadi pembengkakan rahang sehingga sulit digerakkan untuk mengunyah makanan.
Gejala yang paling jelas adalah keluarnya cairan kental berwarna kekuningan. Itu menunjukkan bahwa telah terjadi infeksi di dalam telinga. Pada saat kondisi sudah terlalu parah, dapat mengakibatkan tuli permanen atau sampai pada kondisi terjadi peradangan tulang belakang telinga (mastoiditis). Bahkan, infeksi menjalar ke selaput otak (meningitis).
Jenis penyakit telinga lain yang paling ditakuti adalah tuli mendadak. Tuli mendadak diakibatkan oleh serangan virus yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke organ-organ pendengaran.
c.       Cara merawat telinga
Berikut ini akan berikan Cara Merawat Telinga ata Pendengaran Agar Tetap Sehat
1.      Perawatan Rutin.
Jika Anda merasa ada yang tak beres dengan telinga Anda, seperti terdenga bunyi-bunyi atau benda yang bergerak di dalam telinga saat menggerakkan kepala, sebaiknya segera berkunjung ke dokter spesialis THT. Begitu pula, saat Anda ingin membersihkan bagian dalam telinga. Lakukan pemeriksaan rutin setidaknya satu tahun sekali. Selain menjaga kebersihannya, hal ini juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga Anda.
2.      Bersihkan Bagian Luar Saja.
Dalam keadaan normal, telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya. Bentuk lubang telinga yang bersudut serta lapisan bulu-bulu halus menjaga telinga Anda dari masuknya kotoran berlebih. Jadi, Anda tak perlu repot memebrsihlan sampai bagian dalam, cukup sampai daun telinga atau bagian luar lubang. Namun, jika dirasa kotoran telah menumpuk dan menyebabkan pendengaran sedikit terganggu, sebaiknya jangan mengoreknya sendiri. Datanglah ke dokter THT untuk mendapat penanganan tepat.
3.      Jangan Dikorek.
Kebiasaan mengorek bagian dalam telinga menggunakan cotton bud, alat pembersih dengan bahan keras, sama sekali tidak disarankan. Cotton bud berukuran besar bisa mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam dan menumpuk di dalam. Kotoran yang menumpuk berpotensi menutup saluran dan mengganggu pendengaran. Tanpa Anda sadari, cotton bud bisa saja masuk terlalu dalam dan melukai gendang telinga. Sedang alat lain dengan bahan keras tentu bisa menyebabkan dinding telinga tergores dan infeksi. Gunakan cotton bud hanya untuk membersihkan bagian luar.
4.      Tak Perlu Terlalu Bersih.
Tak selamanya bersih itu baik, apalagi untuk telinga Anda, seperti misalnya lapisan minyak atau serumen yang terdapat di sekitarnya. Walau lengket, serumen sebenarnya berfungsi untuk mengikat debu, bahkan serangga kecil yang mencoba masuk ke dalam telinga Anda. Secara normal, serumen akan mongering secara otomatis, dan dikeluarkan secara perlahan. Serumen yang mongering inilah yang dianggap sebagai kotoran telinga. Jika Anda ingin membersihkannya, lakukan saja seminggu sekali. Membilasnya dengan air bersih saat mandi sudah cukup. Kalau terlalu sering justru membuat telinga menjadi kering, iritasi dan gatal. Bahkan membuat telinga lebih sensitif dan menghasilkan lebih banyak serumen yang berakibat buruk bagi pendengaran.
5.      Kunyah Makanan Dengan Baik.
Selain baik untuk kesehatan lambung dan sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang berdiet, kegiatan mengunyah makanan hingga halus ternyata memberi dampak positif bagi kebersihan telinga. Saat mulut bergerak, secara otomatis telinga akan mendorong kotorannya keluar. Selain itu, mengunyah bisa menjadi solusi agar udara tak terkunci di telinga saat Anda menaiki pesawat. Itulah sebabnya Anda disarankan untuk mengunyah permen saat pesawat ingin lepas landas.
6.      Manfaatkan Eardrops.
Sebelum tidur, ada baiknya memperhatikan kebersihan bantal dan kasur, terutama keberadaan serangga atau semut. Jangan abaikan hal ini, karena mereka bisa sangat mengganggu jika berhasil masuk ke telinga Anda. Begitu pula saat Anda berenang. Selain memiliki potensi besar untuk masuk ke dalam telinga, air juga bisa membawa kotoran masuk. Agar aman, manfaatkan eardrops saat berenang atau tidur.
7.      Bijak Menggunakan Earphone dan Headhone.
Dalam penelitian yang dilakukan oleh ahli akustik, Profesor Huggonet menemukan penemuan baru, bahwa terlalu sering menggunakan alat pendengar seperti earphone dan headphone dengan suara kencang berpetensi menyebabkan kesehatan telinga dan pendengaran terganggu. Ada dua kemungkinan yang terjadi: pertama Anda menjadi kurang peka terhadap bunyi; kedua sebaliknya, Anda justru menjadi terlalu sensitive terhadap bunyi. Sebaiknya, gunakan earphone maksimal 2 jam sehari lalu istirahatkan pendengaran selama 6 jam sesudahnya. Pemakaian earphone terlalu lama juga bisa menghambat telinga mengeluarkan kotorannya.
B.     HIDUNG
a.       Hidung Sehat
Hidung menjadi jalan masuk utama oksigen dan keluarnya karbondioksida. Menjaga kesehatan hidung sama pentingnya dengan organ tubuh lainnya.  Hidung akan terlihat menarik bukan karena bentuknya. Namun hidung yang sehat adalah hidung yang terawatt dan terjaga kebersihannya.
Hidung merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang paling penting. Hidung juga merupakan salah satu indra penciuman yang penting bagi tubuh Hidung yang mengalami masalah tidak akan bisa bekerja dengan baik, salah satu akibat yang ditimbulkan dari hidung yang bermasalah adalah Anda akan susah dalam merasakan makanan yang Anda konsumsi.
b.      Gangguan pada hidung dan cara penanganannya
1.      Komedo
Komedo dapat di tangani dengan, memakai scrub khusus untuk kulit kita 1 sampai 2 kali seminggu. Butiran scrub akan membantu mengeluarkan komedo. Jika harus memencet komedo pastikan tangan kita bersih dan gunakan tissue.
2.      Flu
Umumnya menyebabkan batuk, pilek, sakit leher, terkadang panas atau sakit pada persendian. Penyakit ini hampir selalu sembuh sendiri tanpa obat. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal ini jika terkena Salesma dan Influenza: penanganan yang bisa di lakukan adalah :
a.)    Hindari minum air dingin, dan selalu konsumsi air hangat.
b.)    Istirahat yang cukup.
c.)    Jika mengalami panas dan sakit kepala, cukup konsomsu aspirin atau acetaminiphen.
d.)    Tetap makan seperti biasa karena tidak ada pantangan dalam mengonsumsi sesuatu. Namun dianjurkan mengonsumsi makanan mengandung vitamin C.
e.)    Jika mengalami sakit tenggorokan atau sakit leher, berkumurlah dengan air hangat.
3.      Peradangan hidung akibat alergi (Rhintis Allergica)
Rhintis Allergica bisa disebabkan reaksi alergi pada hidung karena masuknya substansi asing dalam saluran tenggorokan. Untuk menghindari gangguan yang satu ini, sebaiknya menghindari benda benda yang menyebabkan alergi, seperti debu, bulu ayam, jamur, tepung sari bunga dan lainnya.
4.      Hidung Tersumbat dan Pilek
Alergi atau salesma bisa menjadi penyebab hidung tersumbat atau pilek. Pada anak-anak, banyaknya lendir dalam hidung bisa menyebabkan infeksi telinga. Sedangkan pada orang dewasa, lendir berlebihan bisa menimbulkan gangguan sinus atau peradangan gawat dan berlangsung lama di rongga tulang yang berhubungan dengan hidung.
http://us.images.detik.com/content/2009/07/13/770/rinitis-vasomotor.jpg
Atasi masalah ini dengan beberapa cara berikut:
a.)    Menaruh uap air panas di dekat badan lalu menghirupnya dapat melegakan hidung tersumbat.
b.)    Jangan menghembuskan ingus kuat-kuat karena bisa menimbulkan sakit telingga bahkan infeksi sinus.
c.)    Jika sering mengalami sakit telinga atau gangguan sinus bisa mencegahnya dengan memakai tetes hidung decongestan seperti phenyleprine.
5.      Perdarahan di Hidung
Perdarahan di hidung hampir selalu disebabkan kerusakan pada dinding rongga hidung, karena luka atau radang. Hal ini bisa terjadi pada waktu terserang demam dan terutama biasa terjadi di masa hamil ketika tambahan suplai darah yang kecil di dalam hidung menjadi lebih mudah pecah. Perdarahan di hidung tidak pernah merupakan tanda tekanan darah tinggi dalam masa kehamilan
Cara terbaik untuk menghentikan perdarahan hidung adalah dengan duduk agak menganjur ke depan dan ujung hidung ditekan kuat dengan ibu jari dan telunjuk selama 5 menit sambil membuka mulut. Sebongkah es atau busa dingin yang ditempelkan ke hidung juga akan menolong. Bila perdarahannya berlangsung lebih dari 20 menit periksakan ke dokter.
c.       Cara merawat hidung
1.      pastikan untuk menutup hidung Anda ketika Anda berada di tempat yang berdebu. Jika setiap harinya Anda pergi ke tempat kerja dengan menggunakan sepeda motor, gunakanlah masker untuk melindungi hidung Anda dari udara yang tercemar. Terlalu banyak mencium debu dan polusi yang ada di sekitar Anda akan berakibat fatal dimana hidung Anda menjadi kotor.
2.      Bersihkan Lendir yang Keluar dari Hidung Anda
jika Anda memiliki penyakit seperti bersin-bersin, ada baiknya jika Anda menutup hidung Anda dengan sarung tangan atau menggunakan masker. Hal ini sangat penting agar Anda tidak menularkan penyakit yang Anda miliki tersebut ke orang lain. Pada saat bersin, Anda juga akan mendapati lendir keluar dari hidung Anda. Pastikan untuk membersihkan lendir tersebut agar tidak mongering dan melekat pada hidung Anda.
3.      Hindari Mengorek Kotoran Hidung dengan Tangan
membersihkan hidung dengan tangan akan menyebabkan berbagai macam masalah pada hidung Anda yaitu infeksi.  Disamping itu, tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang mudah untuk dihinggapi kuman dan bakteri.
Jika Anda lupa untuk membersihkan tangan Anda dan kemudian menggunakannya untuk membersihkan hidung, sudah bisa dipastikan hidung Anda akan langsung mengalami infeksi. Disamping itu mengorek hidung dengan tangan didepan orang lain juga merupakan hal yang tidak sopan untuk dilakukan.
4.      bersihkanlah bagian dalam dan luar hidung Anda dengan cara yang tepat. Cara yang dapat digunakan untuk membersihkan hidung adalah :
a.       menggunakan sapu tangan dengan handuk basah untuk membersihkan bagian dalam hidung
b.      setelah semua bagian hidung Anda bersih, gunakan kain yang lembut untuk mengeringkannya.
C.     MATA
a.       Mata sehat
Berikut ini adalah ciri ciri mata sehat :
1.      Kedudukan bola mata lurus dan simetris.
2.      Mata tidak terlihat bengkak
3.      Mata tidak terlihat merah
4.      Mata tidak terdapat benjolan
5.      Kelopak mata dapat menutup sempurna
6.      Bulu mata lentik keluar
7.      Bagian depan mata ( Kornea ) terlihat jernih
8.      Mata dapat melihat tajam dan terang
9.      Pupil mata kelihatan Hitam kelam
10.  Bagian mata nampat putih, halus dan selaputnya jernih
11.  Kelopak Mata terang
12.  Mata dapat melihat secara seimbang antara kanan dan kiri
b.      Mencegah gangguan  pada mata
Menurut World Health Organization (WHO) memperkirakan ada 45 juta penderita kebutaan di planet bumi dan ternyata sepertiganya berada di wiliayah Asia Tenggara, tempat kita tinggal. Di Indonesia diperkirakan ada satu orang menjadi buta tiap menitnya dan di dunia diperkirakan 12 orang menjadi buta setiap menit.
1.      Gunakan masker dan krim khusus mata
2.      membersihkan make-up dengan pembersih mata yang tepat
3.      Hindari mata terkena polusi, asap dan debu
4.      Mendinginkan daerah mata (dengan es batu kecil)
5.      Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A

c.       Gangguan pada mata dan penyebabnya
Penyebab sakit mata bisa dikategorikan menjadi dua kategori besar, yaitu :
1.      Sakit dipermukaan mata (ocular)
2.      Sakit didalam orbit mata (orbital)
Baiklah kita akan coba bahas penyebab sakit mata yang di dasari dua kategori penyebab diatas :
1.      Sakit dipermukaan mata
Rasa sakit di permukaan mata adalah kondisi dimana rasa sakit berasal dari luar struktur permukaan mata, beberapa penyebabnya adalah :
a.       Konjungtivitis adalah salah satu masalah mata yang paling umum. Konjungtivitis biasanya disebabkan oleh alergi, bakteri, kimia, atau peradangan virus dari konjungtiva (membran yang lembut melapisi kelopak mata dan menutupi bola mata).
ciri-ciri sakit mata yang disebabkan oleh konjungtivitis ini adalah
1.)    mata berubah warna menjadi merah muda. rasa sakit biasanya ringan, atau tidak ada rasa sakit sama sekali. Gatal, kemerahan.
2.)    Lecet kornea juga penyebab umum sakit mata kornea adalah salah satu bagian pada mata paling transparan, sensitif dan lembut. Lecet biasanya terjadi dikarenakan goresan ke permukaan kornea, seperti dari benda asing atau terlalu sering menggunakan lensa kontak.
3.)    Efek Kimia dan luka bakar merupakan penyebab signifikan pada sakit mata. Efek Kimia yang dimaksud berupa asam atau zat basa, seperti pembersih rumah tangga atau pemutih.
4.)    Adapun luka bakar biasanya berasal dari sumber cahaya yang kuat, seperti percikan las api atau juga berasal dari matahari dan alat-alat penerangan yang memiliki intensitas cahaya cukup tinggo.
5.)    Radang kelopak mata biasanya terjadi dikarenakan kelenjar minyak terpasang di tepi kelopak mata.
6.)    penyebab lainnya adalah adanya iritasi mata. ditandai dengan adanya benjolan kecil pada mata Anda, benjolan mata ini dibentuk oleh kelenjar minyak mata yang tidak normal. sehingga menyebabkan iritasi pada mata, rasa sakitnya cukup menyakitkan
2.      Sakit didalam orbit mata (orbital)
Sakit Orbital digambarkan sebagai sakit yang terdapat dibagian dalam mata atau di belakang permukaan mata.


Berikut ini beberapa penyebab sakit mata yang berasal dari orbital :
a.       glaukoma menyebabkan nyeri orbital, walaupun sebagian besar kasus glaukoma tidak menyakitkan. Glaukoma disebabkan oleh peningkatan tekanan intraokular, atau tekanan internal mata, yang akhirnya dapat menyebabkan cacat dalam penglihatan dan bahkan kebutaan jika tidak diobati. Tekanan intraokular dapat meningkat dikarenakan penyumbatan cairan mata atau peningkatan produksi aqueous humor (cairan yang menggenangi mata). Hal ini biasanya terjadi pada orang tua.
b.      iritis adalah peradangan pada iris, atau bagian berwarna dari mata, yang menyebabkan rasa sakit mata dalam.
c.       neuritis Optik adalah suatu peradangan pada saraf optik. Saraf optik terhubung ke bagian belakang mata. Penyebab peradangan ini biasanya berasal dari multiple sclerosis, infeksi virus, atau infeksi bakteri.
d.      Sinusitis, yang merupakan infeksi bakteri atau virus dari sinus, dapat menyebabkan rasa nyeri orbital atau lekuk mata.
e.       Migran, adalah penyebab yang sangat umum nyeri orbital mata yang terkait dengan sakit kepala.
f.       Trauma peristiwa, seperti cedera penetrasi ke mata, pukulan mata dengan benda asing, dan tabrakan kendaraan bermotor, yang menyebabkan rasa sakit mata signifikan dan cedera. Goresan ke kornea biasanya terkait dengan peristiwa traumatis yang sangat menyakitkan. Ini adalah mata masalah umum yang menyebabkan orang untuk mencari bantuan medis.
d.      Pencegahan Gangguan mata
Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan agar terhindar dari sakit mata, yaitu:
1.      Menghindari menyentuh mata setelah bepergian atau menyentuh barang-barang orang yang sakit mata. Biasakan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan cairan pembersih tangan sebelum menyentuh mata.
2.      Menghindari berbagi barang pribadi seperti handuk, kacamata, sapu tangan, perias mata atau lensa kontak dengan orang lain.
3.      Sebaiknya tidak mengucek-ucek mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu untuk mencegah goresan mata dan infeksi dari kuman yang mungkin menempel di tangan, karena tangan tidak selalu berada dalam kondisi steril.
4.      Menggunakan pelindung mata seperti kacamata jika berada di tempat-tempat yang berisiko tertular sakit mata atau jika sedang mengendarai sepeda motor agar tidak terkena debu atau angin yang dapat menyebabkan iritasi.
5.      Memperhatikan kebersihan dari kacamata atau lensa kontak yang digunakan.
C.     MULUT
a.       Cara merawat kesehatan mulut.
Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat di lakukan untuk menjaga agar mulut dapat terjaga kebersihan dan kesehatannya :
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTb_auU66CopbCtOxUJAUWo_yEH_eTxfPYOjIj4IdaW5bbZ_9SX
1.      Sebaiknya tidak hanya menyikat gigi saja tetapi juga menyikat bagian lidah dan pipi (dinding dalam).
2.      Mengganti sikat gigi sebulan sekali.
3.      Mengganti pasta gigi secara teratur, karena tubuh  yang sudah terbiasa dengan bahan aktif tertentu akan berhenti bereaksi dari waktu ke waktu.
4.      Membiasakan diri untuk menyikat gigi sebelum sarapan, sesudah makan dan sebelum tidur.
5.      Rutin menggunakan obat kumur tenggorokan secara menyeluruh, terutama setelah mengkonsumsi makanan yang manis atau asam.
6.      Menggunakan benang gigi (dental floss) untuk menghilangkan sisa-sisa makanan, dan tidak menggunakan tusuk gigi karena dapat melukai mukosa mulut.
7.      Mengunyah permen karet setelah makan dapat membantu menyerap racun dan mengurangi akumulasi plak lunak.
8.      Jika diperlukan bisa berkumur dengan cairan antibakteri untuk menghilangkan bakteri secara keseluruhan.
9.      Menggunakan irrigator oral untuk membantu membersihkan ruang antara dentogingival lebih efektif, selain itu intensitas semprotan air pada gusi dapat meningkatkan aliran darah.
Selain melakukan hal-hal tersebut, untuk membantu membuat mulut lebih sehat ada beberapa hal lain yang perlu anda lakukan ;
1.      Memilih makanan
http://4.bp.blogspot.com/_57qdUNm0Ots/TNfh1cmzvkI/AAAAAAAAADU/-WfiO8wcXqk/s1600/gigi+sehat.jpg
Gigi membutuhkan banyak kalsium untuk membuat enamel gigi semakin kuat, karenanya konsumsilah makanan yang mengandung kalsium seperti produk susu, ikan, kacang-kacangan, bit dan bayam.
2.      Memilih minuman sehat
Selama ini orang mungkin beranggapan bahwa teh, kopi atau jus tidak baik untuk gigi, padahal sebenarnya minuman ini tidak merusak enamel gigi. Minuman bersoda lah yang paling banyak memiliki efek merusak gigi.
3.      Merawat gigi dengan rutin
Gigi yang sehat sekalipun tetap memerlukan perawatan secara teratur dari waktu ke waktu. Hal ini berguna untuk membersihkan gigi, menghilangkan plak yang menempel dan memberikan perlindungan khusus terhadap gigi.
10 Tip Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
b.      Gangguan pada mulut dan ara penanganannya
Berikut ini beberapa gangguan pada mulut :
1.      Luka Dingin
Juga disebut lepuh demam, Anda tidak mendapatkan luka dingin dari demam atau pilek namun hal tersebut dapat memicu terjadinya oenyakit ini. Virus yang menyebabkan luka dingin biasanya ditularkan melalui ciuman, peralatan bersama, atau kontak dekat lainnya. OTC krim dan salep dapat membantu ketidaknyamanan dan mempercepat penyembuhan. Jika hal ini sering anda alami, maka sebaiknya anda periksa ke Dokter.
2.      Sariawan
Disebabkan oleh jamur candida, sariawan paling sering terjadi pada orang dewasa atau bayi. Tetapi sistem kekebalan yang lemah, antibiotik, diabetes atau obat tertentu seperti kortikosteroid inhalasi dapat memberikan kandida kesempatan untuk tumbuh liar. Menyeka patch akan menyebabkan rasa sakit. Sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis.
http://pusattricajus.com/wp-content/uploads/2013/03/Pengobatan-Sariawan.jpg
3.      Lidah Hitam Berbulu
Kondisi ini menimbulkan rasa sakit dan terjadi ketika benjolan kecil di lidah Anda tumbuh bakteri panjang dan menjadi perangkap yang hidup di mulut Anda dan membuat lidah Anda terlihat hitam dan berbulu. Penyebabnya dapat mencakup karena penggunaan antibiotik, kebersihan mulut yang buruk, merokok, minum banyak teh atau kopi, dan tidak memproduksi air liur cukup. Menyikat lidah Anda dan menggunakan pembersih lidah merupakan tips kesehatan yang bagus untuk menangani hal ini meskipun kadang obat-obatan diperlukan.
4.      Luka busuk
Tidak ada yang tahu apa yang menyebabkan penyakit yang menyakitkan dalam mulut  Anda ini. Pemicu termasuk hipersensitivitas, infeksi, hormon, stres, dan tidak mendapatkan beberapa vitamin yang cukup. Juga disebut borok aphthous, sariawan yang bisa muncul di lidah, pipi, bahkan gusi Anda. Mereka biasanya bertahan atau dua minggu. Persistent, sariawan yang parah dapat diobati dengan krim mati rasa, obat-obatan resep, atau laser gigi.
5.      Leukoplakia
Leukoplakia adalah reaksi terhadap iritan, seperti gigi kasar, gigi palsu kurang pas, merokok, dan tembakau tanpa asap. Hal ini dapat muncul sebagai bercak putih atau plak dalam mulut, biasanya tanpa rasa sakit, dan tidak dapat dikerok. Leukoplakia juga bisa menjadi kondisi prakanker. Patch persisten atau perubahan lain di mulut Anda perlu evaluasi dokter gigi.
6.      Lichen Planus
Ruam langka yang muncul sebagai berenda, bercak putih atau benjolan merah mengkilap di bagian dalam pipi atau lidah bisa disebut lichen planus. Tidak ada yang tahu apa penyebabnya. Umumnya, lichen planus ringan tidak membutuhkan perawatan apapun. Jika hal itu menyebabkan rasa sakit atau luka, dapat diobati dengan obat oral dan topikal. Oral lichen planus dapat menjadi kronis dan dapat meningkatkan risiko untuk kanker mulut. Lichen planus juga dapat mempengaruhi kulit, kulit kepala, kuku, dan alat kelamin.
7.      Geografis lidah
Ketika bagian lidah Anda terdapat beberapa benjolan kecil dan berakhir dengan bintik-bintik memberikan lidah Anda sebuah tampilan seperti peta. Bintik-bintik dapat mengubah lokasi, pola, dan ukuran dalam beberapa menit ke jam. Geografis lidah tidak berbahaya dan dapat muncul dan hilang. Biasanya tidak diperlukan pengobatan apapun. Jika ada rasa sakit, penghilang rasa sakit dan obat anti inflamasi dapat membantu.
8.      Oral Kanker
Sebuah rasa sakit mulut yang tidak hilang. Unexplained mati rasa di mulut, leher wajah, atau masalah mengunyah, berbicara atau menelan. Ini adalah sedikit gejala kanker mulut. Penyebab dapat mencakup merokok dan menggunakan tembakau tanpa asap, banyak minum, overexposure ke matahari, dan riwayat kanker keluarga. Kanker mulut juga dihubungkan dengan human papillomavirus atau HPV.
9.      Sindrom Sendi Rahang
Sebuah masalah dengan rahang disebut sindrom sendi temporomandibular dapat menyebabkan sakit parah di wajah, rahang, telinga leher, atau saat gigi menggiling, atau cedera semua bisa menyebabkan sindrom sendi rahang, tetapi hasilnya sering sama: nyeri, sakit kepala, pusing, bahkan kesulitan menelan. Pengobatan mungkin melibatkan istirahat, obat, atau operasi.
10.  Gigi Pecah
Mengunyah es atau permen keras, menggiling atau mengepalkan gigi, bahkan mengekspos gigi terhadap panas dan dingin dapat menyebabkan chip, retak di gigi Anda. Chip kecil atau retak mungkin tidak mengganggu. Tetapi sesuatu yang lebih dapat menyebabkan rasa sakit atau kerusakan gigi permanen. Dokter gigi Anda dapat menawarkan ikatan gigi, contouring gigi, veneer porselen, dan mahkota untuk memperbaiki gigi rusak parah.
11.  Tattoo Amalgam
Biru-abu-abu kecil "noda" di bagian lunak mulut Anda setelah perawatan gigi, Disebut tato amalgam, mereka terjadi ketika sepotong kecil dari pengisian amalgam akan tertanam di pipi atau gusi. Perak di larut amalgam ke dalam jaringan lunak mulut Anda, sehingga apa yang tampak sedikit seperti sebuah tato kecil. Tato amalgam tidak membahayakan. Tetapi jika tempat biru-abu-abu tumbuh atau berubah warna, ada kemungkinan baik itu mungkin bukan tato amalgam. Mintalah dokter gigi untuk check it out.
12.  Penyakit periodontal
Ketika penyakit periodontal (gusi) berkembang, bakteri dalam plak menumpuk di sepanjang garis gusi. Radang gusi adalah tahap pertama dari penyakit gusi. Gejala termasuk gusi merah, bengkak, dan berdarah. Kebersihan mulut yang tepat dapat membantu mencegah penyakit periodontal. Merokok, diet, miskin dan stres dapat membuatnya lebih buruk.
13.  Infeksi Gusi
Tahap selanjutnya dari penyakit gusi adalah periodontitis, atau infeksi gusi. Peningkatan peradangan menyebabkan gusi menyusut, membentuk kantong diantara gigi dan gusi. Ini perangkap kantong karang gigi, plak, dan sisa-sisa makanan yang pada akhirnya menyebabkan infeksi dan abses. Penyakit gusi lanjut merusak tulang yang mendukung gigi dan merupakan salah satu penyebab utama hilangnya gigi pada orang dewasa. Temui dokter gigi untuk mengobati gusi surut.
14.  Bau Mulut
Gigi memiliki partikel makanan di sekitar mereka yang terdapat bakteri dan menyebabkan bau mulut. Persistent bau mulut atau rasa tidak enak di mulut Anda mungkin dari napas yang dilakukan lewat mulut, mulut kering, tanda dari penyakit gusi, atau bahkan diabetes. Memerangi bau mulut dengan menggosok gigi dan lidah, air minum, dan menghindari makanan pemicu. Temui dokter gigi Anda jika bau mulut terus berlanjut. Baca : Tips Mengatasi Bau Mulut Saat bangun Tidur
15.  Benjolan Kebohongan
Menurut cerita lama ', berbohong menyebabkan benjolan di lidah Anda. Jadi yang disebut "benjolan kebohongan" atau papillitis lingual sementara yang umum bahkan jika Anda hanya mengatakan kebenaran. Benjolan kecil ini tidak berbahaya dan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari, tetapi mereka mungkin tidak nyaman. Tujuan mereka adalah sebuah misteri - itu bisa menjadi reaksi terhadap makanan atau trauma kecil seperti menggigit lidah.
D.    KULIT
a.       Kulit sehat
Meski kulit memiliki jenis yang berbeda beda, kulit yang sehat dapat di tandai dengan ciri :
1.      Memiliki kelembaban cukup
2.      Senantiasa kenyal dan kencang
3.      Menampakan kecerahan warna kulit yang sebenarnya
4.      Bersih dari noda jerawat, penyakit kulit atau jamur
5.      Segar dan bercahaya
6.      Memiliki sedikit kerutan sesuai usia
b.       Gangguan pada kulit dan penyebabnya
1.      Eksim (Dermatitis).
Gejala utama yang dirasakan penderita eksim adalah rasa gatal yang berlebihan pada kulit. Lalu disertai dengan kulit memerah, bersisik dan pecah-pecah, timbul gelembung-gelembung kecil mengandung air atau nanah. Tangan, kaki, lipatan paha dan telinga adalah bagian tubuh yang paling sering terkena eksim. Eksim terbagi menjadi dua, yaitu eksim kering dan basah. Pada eksim basah, juga akan terasa panas dan dingin yang berlebihan pada kulit.
Eksim disebabkan karena alergi terhadap rangsangan zat kimia tertentu seperti yang terdapat dalam detergen, sabun, obat-obatan dan kosmetik, kepekaan terhadap jenis makanan tertentu seperti udang, ikan laut, telur, daging ayam, alkohol, vetsin (MSG), dan lain-lain. Eksim juga dapat disebabkan karena alergi serbuk sari tanaman, debu, rangangan iklim, bahkan gangguan emosi.
2.      Bisul (Furunkel).
Bisul merupakan infeksi kulit berupa benjolan, tampak memerah, yang akan membesar. Benjolan ini berisi nanah, dan terasa panas dan berdenyut. Bisul bisa tumbuh di semua bagian tubuh. Namun lebih banyak tumbuh pada bagian tubuh yang lembab, seperti, lipatan paha, sela bokong, sekitar leher dan ketiak, dan juga kepala.
Bisul disebabkan karena adanya infeksi bakteri Stafilokokus aureus pada kulit melalui folikel rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat, kemudian menimbulkan infeksi lokal. Faktor yang meningkatkan risiko terkena bisul antara lain kebersihan yang buruk, luka yang terinfeksi, pelemahan diabetes, kosmetika yang menyumbat pori, dan pemakaian bahan kimia.
Untuk menghindari bisul, sebaiknya tetaplah menjaga kebersihan diri dan lingkungan, dan asupan gizi harus benar-benar diperhatikan. Karena gizi yang baik akan memperkuat daya tahan tubuh.
3.      Campak (Rubella).
Merupakan penyakit akut menular yang disebabkan oleh virus. Biasanya menyerang anak-anak. Gejala awal campak adalah demam, pilek, bersin, badan terasa lesu, sakit kepala, nafsu makan menurun drastis dan radang mata. Setelah beberapa hari dari gejala tersebut timbul ruam merah yang gatal, bertambah besar, tersebar ke beberapa bagian tubuh.
4.      Kudis (Skabies).
Kudis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit tungau yang gatal yaitu sarcoptes scabiei var hominis. Kulit terjangkit kudis lebih banyak terjadi di daerah kumuh dan tidak menjaga kebersihan tubuh. Gejala kudis adalah adanya rasa gatal yang begitu hebat pada malam hari, terutama di sela-sela jari kaki, tangan, di bawah ketiak, alat kelamin, pinggang dan lain-lain. Kudis sangat gampang menular pada orang lain, secara tidak langsung maupun tidak langsung.
5.      Kurap.
Kurap terjadi karena jamur. Biasanya yang menjadi gejalanya adalah kulit menjadi tebal dan pada kulit timbul lingkaran-lingkaran yang semakin jelas, bersisik, lembab dan berair dan terasa gatal. Kemudian pada lingkaran-lingkaran akan timbul bercak-bercak putih. Kurap timbul karena kurang menjaga kebersihan kulit. Bagian tubuh yang biasanya terserang kurap yaitu tengkuk, leher, dan kulit kepala.
6.      Psoriasis
Psoriasis bukan penyakit menular, tetapi bersifat menurun. Gejala psoriasis adalah timbulnya bercak-bercak merah yang di atasnya terdapat sisik-sisik putih tebal dan menempel berlapis-lapis. Bila digaruk, sisik-sisik tersebut akan rontok. Mula-mula, luas permukaan kulit yang terkena hanya kecil, dan semakin lama semakin melebar.
7.      Melanoma.
Melanoma merupakan kanker kulit yang sangat serius, sehingga dapat menyebabkan kematian jika tidak diobati. Melanoma adalah jenis kanker yang menyebabkan perubahan tahi lalat pada kulit, sangat berbahaya jika muncul pada leher atau kulit kepala. Salah satu tanda terjadinya melanoma adalah tahi lalat yang membesar. Selain itu terjadi perubahan warna pada tahi lalat serta terlihat tanda-tanda peradangan pada kulit di sekitar tahi lalat.
8.      Impetigo.
Impetigo adalah penyakit kulit menular yang biasanya disebabkan oleh bakteri. Impetigo menyebabkan kulit menjadi gatal, melepuh berisi cairan dan kulit menjadi merah. Impetigo sangat mudah terjadi pada anak berusia dua sampai enam tahun. Bakteri biasanya masuk ke dalam kulit melalui gigitan serangga, luka, atau goresan. Kebersihan sangat penting bagi orang yang mengalami impetigo.
9.      Jerawat.
Berdasarkan penelitian, sekitar 80 persen dari seluruh manusia pernah memiliki jerawat. Jerawat sebagai salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di kulit dan menghubungkan pori-pori dengan kelenjar minyak di bawah kulit. Jerawat dapat berkembang jika pengobatan tidak dilakukan di tahap awal kemunculannya. Jerawat tidak hanya tumbuh di wajah, namun juga bisa tumbuh di bagian tubuh lain terutama punggung.
c.       Cara merawat kulit
Cara merawat kesehatan pada kulit, yaitu
1.       Jangan lupa untuk membersihkan muka, seperti mencuci muka sesuai dengan jenis kulit. Jika kulit berminyak pakailah yang mengandung almond dan alpukat, sedangkan jenis kulit kering pakailah sabun yang mengandung madu agar kulit terlihat lembab, dan jika jenis normal bisa gunakan kandungan teh atau greentea. Jika sabun pencuci muka mengandung jenis scrub, jangan dipakai tiap hari tetapi pakailah seminggu 2 kali karena kulit akan cepat menjadi kering dan terjadi iritasi. Lakukan cuci muka setiap hari minimal 2 kali sehari. Dengan mencuci muka kulit akan terhindar dari jerawat dan kulit akan lebih segar dan kenyal.
2.       Langkah kedua adalah jangan lupa untuk mandi minimal 2 kali sehari, lakukan dengan keseluruhan badan, termasuk pundak belakang, bagian leher baik daerah belakang dan depan, serta daerah selangkangan dan sampai kebagian ujung kaki dan jari-jari.
Mungkin seringkali kita lupa pada saat mandi kita cepat-cepat menyelesaikan mandi kita dan terburu-buru tanpa memperhatikan bagian-bagian tubuh yang harus kita bersihkan, padahal saat-saat mandi itulah kita dapat membersihkan total keseluruhan badan kita, bahkan pada saat mandi dengan aromatherapy, kita bisa menghilangkan kepenatan dan tubuh serta pikiran kita menjadi relaks.Terlebih lagi seharian kita berkeringat dan tubuh menjadi kotor walaupun tidak terlihat.
3.       Langkah ketiga jangan lupa jika anda berpergian keluar ruangan baik dikantor atau dilapangan, jangan lupa untuk memakai sunblock protective supaya kulit tidak terbakar dan menjadi menjadi hitam serta kering. Sedangkan jika diruangan ber AC jangan lupa pakailah pelembab atau lotion menghindari kekeringan sehingga kulit cepat untuk keriput karena kering.
4.       Yang terakhir jangan lupa memperhatikan makanan dan minuman untuk kesehatan yang dikomsumsi tiap-tiap hari, bergizi dan berserat tinggi serta mengandung cairan dan mineral.
E.     GIGI
a.       Gigi sehat
Ciri ciri dari gigi yang sehat adalah
1.      Tidak terasa sakit.Radang Gusi & Karang Gusi
2.      Tidak ada karies.
3.      Saat mengunyah tidak terasa nyeri.
4.      Leher gigi tidak kelihatan.
5.      Tidak goyang.
6.      Tidak terdapat plak.
7.      Warna gigi putih kekuningan.
8.      Tidak terdapat karang.
9.      Mahkota gigi utuh.
http://4.bp.blogspot.com/-iJ_PxDjNbaA/T5Q2zGXWcYI/AAAAAAAAAok/puUjufik5jA/s1600/Cara+Menjaga+Gigi+Tetap+Sehat+Putih.jpg
b.      Gangguan pada gigi
1.      Karies gigi ( lubang gigi yang terdapat pada lapisan email dan dentin )
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEju_6sTobPiUflhngevoDTFwhzvkFXuG559LnNLt_6-AA8KYp0dMqZcnCXeFOdprhCrl5ur2w-wEUYPxjxK_NXr6DIRBS20kM7T5O0AALcJl2ofv3LVw_sN5zKGlFh32WLCtFQ-B7N1HnU/s1600/karies+gigi.jpg
2.      Pulpitis (radang gigi pada pulpa atau syaraf gigi )
3.      Periodontitis ( radang pada jaringan pendukung gigi yaitu tulang penyangga gigi )
4.      Gingivitis ( radang pada gusi )
5.      Abses gigi ( pembengkakan gigi )
6.      Dan tumor pada gigi 
c.       Cara merawat kesehatan gigi
cara menjaga dan merawat kesehatan gigi, yaitu sebagai berikut:
1.       Menyikat gigi minimal 2 kali sehari ( sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur )
2.       Mengunakan dental floss atau benang gigi ( untuk celah-celah gigi )
3.       Kumur-kumur dengan yodium ( betadin )
4.       Melakukan pemeriksaan berkala ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali

F.      KUKU
a.       Kuku sehat
Untuk mengetahui kuku sehat yang paling mudah adalah dari warnanya.Kuku sehat seharusnya berwarna pink segar. Kemudian, tekstur permukaannya halus dan tidak bergelombang. Ciri kuku sehat yang lain adalah kuku tidak mudah patah/sobek. Pertumbuhan kuku sehat di negara Asia biasanya cukup cepat rata-rata 3-4 mm selama 1 bulan
b.      Gangguan pada kuku dan cara mengatasinya
Beberapa gangguan yang sering terjadi pada kuku ialah sebagai berikut :
a.       Kuku menguning
Biasanya, warna kuning pada  kuku dialami oleh penggemar cat kuku, terutama untuk cat kuku berwarna gelap, seperti merah tua, burgundy, hitam, dan cokelat. Noda kuning makin parah terlihat bila cat kuku tak dihapus dalam 10 hari. Noda kuning ini bersifat sementara. Solusinya, pastikan mengoleskan base coat sebelum memakai cat kuku , dan hindari cat kuku yang mengandung zat aktif yang keras seperti formaldehyde dan toluene. Gunakan cat kuku maksimal tak lebih dari 10 hari, lalu bersihkan dan biarkan kuku bernapas selama beberapa hari sebelum mengoleskannya lagi dengan cat baru.
b.      Kuku mudah patah
Kuku yang mudah patah bisa dijumpai pada kuku yang tipis maupun tebal.  Biasanya, kuku tipis mudah sekali terkelupas, sementara kuku yang tebal sering patah di bagian ujungnya. Solusinya, konsumsi vitamin dan kalsium yang tepat untuk kuku agar terhindar dari  pengapuran.
c.       Kutikula keras
Kutikula adalah kulit berwarna putih yang mengeras dan menimbun di pinggiran kuku, akibat  kurang minum air putih atau seringnya terkena sabun dan detergen saat mencuci. Masalah ini tidak dapat dihilangkan hanya dengan pemakaian hand lotion atau hand cream. Solusinya, lakukan manicure dengan gunting khusus kutikula dan sebaiknya dilakukan oleh ahlinya di salon kuku tepercaya. Jika tidak, kutikula akan terangsang dan tumbuh  makin tebal.  
d.      Kuku dehidrasi
Jika kuku terlihat bergaris vertikal di permukaan dalam jumlah banyak atau berlapis dan terkadang   mudah mengelupas, ini adalah tanda-tanda kuku Anda dehidrasi dan memerlukan perawatan. Hal ini diakibatkan oleh pemotongan kuku yang terlalu pendek atau kurangnya kadar air dan minyak pada kuku. Solusinya, jangan gunting kuku  terlalu pendek dan sebaiknya dirapikan dengan kikir. Usahakan panjang kuku tidak kurang dari ujung daging jari Anda agar tidak terasa sakit dan kuman tidak mudah masuk dan sembunyi di balik kuku.
e.       Kuku tumbuh ke dalam (ingrown nail)
Bentuk kuku yang melengkung paling rentan terhadap kondisi kuku tumbuh ke dalam. Selain itu, kuku yang cara mengguntingnya salah mengakibatkan arah tumbuh kuku menusuk daging sehingga muncul nyeri. Bisa terjadi di semua kuku, tapi paling sering adalah ibu jari. Kuku yang tumbuhnya melengkung butuh teknik pengguntingan   khusus. Melakukannya sendiri tidak disarankan. Lebih baik serahkan ke terapis salon kuku yang tepercaya dan memahami cara menangani masalah ingrown nail. Kadang-kadang, rasa nyeri ini tidak diperhatikan dan dibiarkan saja, dan  tahu-tahu kuku sudah membengkak dan bernanah. Bila ini terjadi, segera ke dokter kulit.
f.       Kuku tumbuh lambat
Jika memiliki kebiasaan menggigit kuku sehingga kuku menjadi lembek, inilah yang menjadi penyebab kuku tumbuh lambat. Satu-satunya cara adalah dengan menghentikan kebiasaan buruk menggigit kuku dan memberikan vitamin untuk kuku agar tumbuh sehat. Menggunakan kuku palsu dari gel atau silikon bisa menjadi   solusi untuk menghentikan kebiasaan buruk ini.

c.       Cara merawat kesehatan kuku
1.      Tidak hanya perawatan dari luar, untuk menjaga kesehatan kuku dapat juga dilakukan dengan minum susu secara rutin dan bila memungkinkan bisa setiap hari. Karena susu mengandung kalsium tinggi yang berguna untuk menjaga kuku agar tetap kuat.
2.      Jangan lukai kuku . Jangan gunakan kuku untuk membuka sesuatu, terutama benda keras atau menarik sesuatu walau sekuat apapun kuku kita.
3.      Jangan gigit kuku Anda . Kebiasaan ini akan merusak nail bed kuku Anda. Selain kotor dan bisa membuat Anda sakit (kotoran di bawah kuku dapat tertelan jika Anda menggunakan tangan untuk makan), kebiasaan seperti ini akan membuat kuku menjadi pendek, dan membuat bakteri atau jamur bisa masuk ke dalam nail bed Anda dan timbul infeksi.
4.      Lindungi kuku, Jika akan bersentuhan cukup lama dengan bahan-bahan kimia, lindungi selalu tangan dan kuku Anda dengan sarung tangan plastik.
5.      Lakukan perawatan. Potonglah kuku secara rutin, jangan menunggu sampai kuku menjadi panjang. Gunakan pemotong kuku yang tajam, lalu pengikir untuk menghaluskan sudutnya. Jangan pernah menarik kuku yang separuh terpotong, karena malah akan merusak jaringan baru yang terbentuk dari kuku Anda.
6.      Berikan pelembap. Kuku seperti kulit, yang juga memerlukan pelembap. Oleskan pelembap pada kuku sama seperti ketika Anda mengoleskan hand lotion pada tangan Anda. Ulangi lagi proses tersebut setiap kali Anda selesai mencuci tangan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar